Mahasiswi Farmasi jadi Finalis PILMAPRES 2019 UNIDA Gontor

No Comments on Mahasiswi Farmasi jadi Finalis PILMAPRES 2019 UNIDA Gontor

Pemilihan mahasiswa berprestasi (PILMAPRES) merupakan event pencarian mahasiswa yang berkompeten dan memiliki prestasi yang diunggulkan. Tentunya untuk mencari bakat- bakat tersebut bukanlah hal yang mudah bagi sebuah perguruan tinggi. Seleksi demi seleksi harus dilakukan oleh sebuah perguruan tinggi demi menemukan bakat yag benar-benar mencerminkan dan membawa prestasi untuk perguruan tinggi tersebut.

UNIDA Gontor memulai Tahap seleksi pertama dilaksanakan pada 5-6 Januari 2019 bertempat di UNIDA Gontor kampus Siman. Disanalah seleksi tahap pertama hingga tahap ke tiga dilaksanakan. Panitia seleksi menyampaikan bahwa dari 34 peserta yang mendaftar dari semua prodi yang ada di UNIDA Gontor, hanya 5 finalis yang memenuhi persyaratan sebagai finalis dan akhirnya dinyatakan lolos untuk mengikuti seleksi tahap terakhir yang diadakan di UNIDA Gontor.

photo_2019-03-01_16-12-17

Finalis lima besar bersama juri dan dosen pembimbing

Kelima finalis yg telah diperoleh kemudian dikarantina selama 10 Hari pada tanggal 16 -25 Februari 2019. selama masa karantina para finalis mendapatkan materi-materi diantaranya tentang bagimana cara penulisan ilmiah, speaking, public speaking, konten presentasi. sharing bersama pilmapres terdahulu yaitu Asad Arsya dan Brilliant Fani juga dilakukan. Selama pelatihan itu mereka dibimbing oleh dosen yang ahli dibidangnya seperti speaking yang dibimbing oleh Dinar dipta, S.Pd, M.Pd yang juga sekaligus juri di pilmapres UNIDA Gontor 2019 ini.

Setelah menyelesaikan Karantina, pada tanggal 28 Februari 2019, mahasiswa melakukan seleksi tahap akhir.Kelima finalis mempresentasikan karya ilmiahnya dihadapan dewan juri dan para mahasiswi Unida Gontor yang ada di Kampus Mantingan.Binti yang merupakan salah satu finalis perwakilan prodi Farmasi  Fakultas Ilmu Kesehatan mempresentasikan karya tulis ilmiah dengan judul “JAKUPI SEBAGAI MINUMAN FUNGSIONAL UNTUK OPTIMALISASI MASA TERAPI KURATIF PENDERITA TB”.

photo_2019-03-01_16-12-04

Binti mempresentasikan karya tulis ilmiah

Setelah presentasi, kemudian dilakukan penilaian kemampuan bahasa inggris dan bahasa arab melalui tanya jawab dengan para juri yang terdiri dari Dosen UNIDA Gontor dengan latar belakang pendidikan yang berbeda-beda. Diantaranya : (1) Arief Rahmawan, S.T.,M.T.,MBA (2) M.Rifai,M.I.Kom (3) M.Sohibul Mutjaba,M.Ag (4) Lutfy Ditya Cahyanti,S.P.,M.P (5) Dinar Dipta,M.Pd (6) Alinda Zakiyatul Fakhiroh,M.Pd (7) Safiruddin Al-Baqi, S.Psi.,M.A (8) Oddy Virgntara Putra, S.Kom,M.T (9) Haris Setyaningrum,S.Si.,M.Sc (10) Taufiq Amin,S.Pd.,M.A

photo_2019-03-01_16-11-50

photo_2019-03-01_16-11-59

Tanya jawab dengan para juri

Binti mengatakan bahwa ini adalah amanah yang tidak ringan. “Ana merasa ini adalah sebuah amanah yang besar dari prodi yang mengharapkan hasil yang benar-benar baik. Ana juga sudah berusaha maksimal dan teman-teman yang lain sudah berusaha maksimal dan Alhamdulilah hasilnya memang seperti ini mungkin memang ini yang harus ana jalani. Dari amanah ini ana berfikir ini amanah yang berat. Berarti ana itu bisa melakukan ini semua,jadi bersyukur saja”.

“Alloh itu benar-benar Maha Penyayang. Setelah dihantam bermacam-macam rasa hingga mata dan hati menangis dan sekarang mulai satu demi satu balasan atas kesabaran dan kerja keras semua keluarga Prodi Farmasi. Allah menunjukkan kemahakuasaannya.Barokalloh anakku.terus belajar. Perjalannamu tidak berakhir tapi baru dimulai dari event ini #Mawapres wakil UNIDA Gontor” pesan oleh seorang dosen Farmasi Nurul Marfu’ah

Kementrian Pendidikan Tinggi (Dikti) Republik Indonesia melalui sebuah mekanisme pencarian bakat, menyelenggarakan sebuah seleksi bagi mahasiswa- mahasiswi berprestasi dimulai dari masing masing perguruan tinggi hingga level antar perguruan tinggi tingkat provinsi dan kemudian di tingkat nasional.

Berdasarkan mekanisme seleksi internal, Binti Sholihatin lolos seleksi mewakili Universitas Darussalam Gontor, menuju ke seleksi berikutnya pada tingkat provinsi. Berbagai persyaratan dan standar harus dipenuhi, hingga akhirnya mahasiswi semester 4 Prodi Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan ini akan masuk ke dalam seleksi tingkat Provinsi mewakili UNIDA Gontor pada bulan April 2019 Mendatang di tingkat kopertis 7,Wilayah Jawa Timur.

“Tentunya itu bukan seleksi yang mudah kita perlu menyiapkan dan membenahi banyak hal sebelum kita dapat mewakili UNIDA Gontor di tingkat Provinsi, bukan hanya menjadi tugas universitas maupun fakultas tapi itu juga tanggung jawab dan tugas kita sebagai pembimbing mahasiswa di Prodi Farmasi,” Nadia Mira salah seorang dosen prodi farmasi.

“Pengumuman lolos babak demi babak dalam pilmapres tidak membuat saya bahagia karena hal itu  semakin menyadarkan bahwa tanggungjawab saya semakin berat” Binti Sholihatin

photo_2019-03-01_16-11-28

“Selamt kepada Binti Sholihatin Dari Program Studi Farmasi atas terpilihnya sebagai Finalis PILMAPRES 2019 UNIDA Gontor”

 (Lusi.Ed.Nurul)

Berita Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *