UJIAN UNTUK BELAJAR, BUKAN BELAJAR UNTUK UJIAN

No Comments on UJIAN UNTUK BELAJAR, BUKAN BELAJAR UNTUK UJIAN

photo_2019-04-10_09-51-42

UNIDA Gontor sebagai perguruan tinggi pesantren dibawah naungan Pondok Modern Darussalam Gontor selalu berusaha memberi bekal serta moral yang terbaik untuk mahasiswa maupun mahasiswinya. Seiring berjalannya waktu, tak terasa semester genap pun sudah akan tergantikan dengan semester ganjil yang dirasa barulah berjalan sebentar. Kata Ujian Akhir Semester pun kembali terdengar di kalangan mahasiswa. Di gontor, kami diajarkan untuk menjadikan ujian sebagai pembelajaran bagi kita bukan belajar untuk menjawab ujian.

Hari ini, Selasa 9 April 2019, mahasiswi farmasi semester 4 mengikuti ujian praktikum Kimia Analisis dengan dosen pembimbing ustadzah Nadia Mira. Para mahasiswi sangat antusias mengikuti ujian ini yang dilaksanakan sejak pagi hari sampai sore ini..”saya ngerasa nervous karena ini ujian praktikum pertama saya di semester ini” ujar salah satu mahasiswi farmasi 4 sebelum masuk ke laboraturium pagi tadi. Pada ujian kali ini para mahasiswa mendapat giliran masuk 8 orang dengan 8 penguji yang berbeda. Seharusnya menjadi hal yang biasa bagi santri gontor untuk menghadapi ujian seperti ini karena dari KMI selalu mengalami model ujian yang seperti ini, tapi kali ini bedanya yang dipraktikumkan diujiakan sehingga menjadi hal baru bagi kami untuk melakukan ujian praktikum yang seperti ini.

Selain menguji materi yang telah dikuasai oleh mahasiswi, ujian ini juga menguji mental mahasiswa karena dari mental yang kuat terbentuklah pemimpin yang kuat pula dan dapat menjadi pondasi kita dimasa mendatang. Seperti yang dikatakan kyai Hasan Abdullah Sahal “ jangan hanya ingin menjadi tiang tiang yang indah, jangan hanya ingin menjadi dinding dinding yang berhias, jangan hanya ingin menjadi genting yang berwarna warni. Tapi siaplah untuk menjadi batu pondasi yang siap didirikan diatasnya dinding, tiang, dan genting yang indah, kuat, dan kokoh. Sehingga berdirilah bangunan yang indah dan kuat “.

Mengingat ujian tulis sebentar lagi, persiapkan diri kalian guys!!! Jangan lupa belajar dan berdoa. Ingat selalu, tidak akan terhormat seorang yang berilmu kecuali dia mau beramal dengan ilmunya. Semoga yang kita dapatkan selama ini bermanfaat bagi dunia dan akhirat. Aamiin.

(NuraR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *