SIAP MENYAMBUT HARI RAYA IDUL FITRI 1440H: BERIKUT SUNNAH-SUNNAH DI HARI RAYA IDUL FITRI YANG PERLU DILAKUKAN

No Comments on SIAP MENYAMBUT HARI RAYA IDUL FITRI 1440H: BERIKUT SUNNAH-SUNNAH DI HARI RAYA IDUL FITRI YANG PERLU DILAKUKAN

Prodi Farmasi UNIDA Gontor – Kami Segenap Keluarga Program Studi Farmasi Universitas Darussalam Gontor mengucapkan “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Taqabbalallahu minna wa minkum, semoga Allah menerima amal ibadah kami dan anda semua”.

Setelah 30 hari genap kita melaksanakan puasa di bulan yang suci, yaitu bulan Ramadhan maka sekarang saatnya untuk menyambut bulan baru yang penuh kemenangan yaitu bulan Syawal dan menjadi Hari Raya umat Islam di seluruh penjuru dunia.

Bertepatan pada Rabu, 5 Juni 2019 umat islam merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440H . adapun sunah Rasulullah Shallallahualaihi wasaallam yang harus diperhatikan ketika di Idul Fitri:

  • Mandi sebelum Berangkat Shalat Idul Fitri

Dari Nafi’, (ia berkata bahwa) ‘Abdullah bin ‘Umar biasa mandi di hari Idul Fitri sebelum ia berangkat pagi-pagi ke tanah lapang. (HR. Malik dalam Al-Muwatho’ 426. Imam Nawawi menyatakan bahwa atsar ini shahih).

  • Berhias Diri dan Memakai Pakaian Terbaik

“Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam memiliki jubah khusus yang beliau gunakan untuk Idul Fitri dan Idul Adha, juga untuk digunakan pada hari jum’at” (HR. Ibnu Khuzaimah dalam kitab shahihnya, 1765).

  • Makan sebelum Berangkat Shalat Idul Fitri

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berangkat shalat Ied pada hari Idul FItri dan sebelumnya beliau makan terlebih dahulu. Sedangkan pada hari Idul Adha, beliau tidak makan lebih dahulu kecuali setelah pulang dari shalat Ied baru beliau menyantap hasil qurbannya.” (HR. Ahmad 5: 352. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth mengatakan bahwa hadits ini hasan).

  • Bertakbir selama Menuju Tempat Shalat

“Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa keluar hendak shalat pada hari Raya Idul Fitri sambil bertakbir sampai di lapangan dan sampai shalat hendak dilaksanakan. Ketika shalat hendak dilaksanakan, beliau berhenti dan bertakbir.” (Dikeluarkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam Al-Mushannaf 2/1/12).

  • Saling Mengucapkan Selamat

Dari Jubair bin Nufair, ia berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berjumpa dengan hari Ied (Idul Fitri atau Idul Adha), satu sama lain saling mengucapkan, “Taqabbalallahu minna wa minka (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian).” Al Hafidz Ibnu Hajar mengatakan bahwa sanad Hadits ini hasan. (Fath Al-Bari, 2:446)

  • Melewati Jalan Pergi dan Pulang yang Berbeda

Dari Jabir radhiyallahu’anhu, ia berkata bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika berada di hari Ied (ingin pergi ke tempat shalat ) beliau membedakan jalan antara pergi dan pulang. (HR. Bukhari, no. 986)

(Saf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *