MELALUI IPSF, 2 MAHASISWI FARMASI UNIDA IKUTI STUDENT EXCHANGE DI CAIRO MESIR

No Comments on MELALUI IPSF, 2 MAHASISWI FARMASI UNIDA IKUTI STUDENT EXCHANGE DI CAIRO MESIR

Prodi Farmasi UNIDA Gontor, PHARMA News –Karina Nurlitasari dan Sofiani Lathifah adalah mahasiswi farmasi UNIDA Putri semester 7 yang mengikuti kegiatan Student Exchange Program (SEP) Summer di Universitas Heliopolis Cairo, Mesir. Kedua mahasiswi ini berkesempatan untuk menjalani program research atau praktek penelitian. Kegiatan ini diselenggarakan oleh International Pharmaceutical Students’ Federation (IPSF) setiap tahunnya pada musim panas dan musim dingin yang mana bekerja sama dengan Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Indonesia (ISMAFARSI). Kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 5 Juli 2019 sampai dengan tanggal 23 Juli 2019.

International Pharmaceutical Students’ Federation (IPSF) merupakan organisasi advokasi internasional terkemuka bagi mahasiswa farmasi dengan tujuan untuk mempromosikan peningkatan kesehatan masyarakat melalui penyediaan informasi, edukasi, jaringan serta publikasi dan inisiatif profesional. Didirikan di London 1949, IPSF merupakan salah satu organisasi kemahasiswaan internasional tertua. Saat ini, Federasi mewakilli hingga 350.000 mahasiswa farmasi dan sarjana muda dari 67 negara di dunia. IPSF merupakan organisasi non-profit, non-political dan non-religious yang dijalankan seluruhnya oleh anggota relawan. IPSF memiliki banyak anggota tetap, salah satunya adalah ISMAFARSI yang menaungi mahasiswa/i farmasi Indonesia.

SEP (Student Exchange Program)merupakan salah satu program penting yang diselenggarakan oleh International Pharmaceutical Student’s Federation (IPSF). Dalam program ini, IPSF memberikan kesempatan kepada seluruh mahasiswa farmasi di dunia untuk merasakan perkembangan kefarmasian di negara lain. Kegiatan ini juga memberi kesempatan kepada mahasiswa/i farmasi dari negara lain untuk datang ke Indonesia dan menjalani rangkaian aktivitas dari SEP sendiri, yang diantaranya mengikuti salah satu program magang di industri farmasi, rumah sakit, apotek atau melaksanakan praktik penelitian. Selain itu, selama kurang lebih 1 bulan, Exchange Student (mahasiswa/i yang mengikuti pertukaran pelajar) akan diberi kesempatan pula untuk mendalami kebudayaan di negara tujuan dan melihat perbedaan budaya dengan budaya negara asal.

(Sofia: Ed. Lusi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *