APA ITU OBE??

No Comments on APA ITU OBE??

Prodi Farmasi UNIDA Gontor, PHARMA News – Kurikulum yang diterapkan di Perguruan Tinggi dalam menjalankan proses pembelajarannya selalu berkembang sesuai dengan perkembangan zaman atau mengikuti kebutuhan yang ada dimasyarakat. Kurikulum berbasis kompetensi telah lama kita kenal yaitu kurikulum yang bertujuan menghasilkan lulusan dengan kompetensi sesuai dengan prodi atau jurusan yang diambil.baru-baru ini mulai muncul kurikulum baru yang disebut OBE. OBE kepanjangan dari Outcome Based Education yang bertujuan tidak hanya sebatas pada kompetensi lulusan namun sampai pada kemampuan lulusan ketika terjun kemasyarakat (bekerja).

UNIDA Gontor sebagai salah satu universitas yang terus bergerak maju untuk meningkatkan kualitas sebagai sebuah perguruan tinggi, pada tanggal 7-8 Agustus 2019 mengundang pembicara yaitu Dr. Pepen Arifin, M.Sc dari ITB dalam sebuah acara Bimbingan Teknis Penyusunan Kurikulum dengan Kerangka OBE (Outcome Based Learning). Acara ini diselenggarakan oleh UNIDA Gontor dan Badan Penjaminan Mutu sebagai unit pelaksananya. Acara ini diikuti oleh perwakilan 7 fakultas dan 21 program studi yang ada di UNIDA Gontor termasuk prodi Farmasi dengan jumlah peserta sekitar 82.

Materi hari pertama yang disampaikan oleh pembicara adalah tentang struktur universitas, peran kurikulum, kemudian masuk pada materi tentang PEO (Progamme Educational Objective) yang merupakan tujuan program studi akan menghasilkan lulusan seperti apa. Materi ini diikuti dengan kegiatan praktik membuat PEO setiap fakultas dan program studi. Hari kedua diisi dengan materi mengenai PLO (Programme Learning Outcome) yang merupakan tujuan dilakukannya pembelajaran dalam program studi. Materi ini juga diikuti dengan kegiatan praktik dari masing-masing prodi untuk menyusun PLO.

(Nurul Marfu’ah, M.Si. Ed.saf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *