PENGARAHAN UMUM PENGAWAS UTS SEMESTER GANJIL

No Comments on PENGARAHAN UMUM PENGAWAS UTS SEMESTER GANJIL

Prodi Farmasi UNIDA Gontor, PHARMA News – Tahun ajaran ini merupakan tahun pertama UNIDA Gontor Kampus Mantingan untuk mahasiswi regulernya mengadakan Ujian Tengah Semester (UTS) secara mandiri. Sarana yang sudah mencukupi meliputi dosen dan tenaga kependidikan serta jumlah mahasiswi reguler yang bertambah banyak membuat kami percaya diri untuk mengadakan Ujian Tengah Semester (UTS) secara mandiri.

Pengarahan kepada pengawas UTS dilakukan oleh Al Ustadz Ahmad Setiono, MM selaku kepala BAAK Kampus Mantingan dan Al Ustadz Dr. Nur Hadi Ihsan, MIRKH selaku Direktur Kulliyatul Banat. Pengarahan dilakukan agar tidak terjadi kesalahpahaman terkait UTS karena memang baru pertama kali diadakan secara mandiri dan melibatkan dosen serta tendik UNIDA Gontor Kampus Mantingan.

Ujian adalah momen sakral di Gontor, sehingga perlu dikondisikan dengan sangat baik dan mendukung (iijadul bi-ah as-sholihah lil imtihan). Unsur terpenting dalam ujian adalah transenden dan metafisik jadi tak hanya usaha namun juga kekuatan do’a yang dapat mensukseskan ujian para mahasiswi. Tak hanya do’a dari mahasiswi yang akan ujian namun juga dari dosen-dosen yang dengan ikhlas mendo’akan anak didiknya. Ujian di Gontor merupakan hal yang sangat sakral. Bahkan selama ujian, tamu yang akan datang ke Gontor di pending terlebih dahulu. Selalu terngiang di telinga kita, petuah dari bapak pimpinan “Belajar bukan untuk ujian, tetapi ujian untuk belajar”.

Ujian untuk mengukur kualitas dan kapabilitas mahasiswi dalam segala aspek, mulai dari moral, intelektual, hingga spiritual. Selain itu, ujian juga merupakan wadah untuk menanamkan nilai-nilai (Al-Iqtishod Billahi). Ujian di Gontor tidak hanya mahasiswinya saja yang ujian namun juga para dosen menghadapi ujian tersebut. Usaha tanpa do’a sombong. Do’a tanpa usaha bohong.

(Anggun Mahirotun, S.Farm., Apt, Ed.Saf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *