APAKAH PENYAKIT TOKSO MEMANG DISEBABKAN OLEH KUCING??

No Comments on APAKAH PENYAKIT TOKSO MEMANG DISEBABKAN OLEH KUCING??

Toksoplasmosis atau masyarakat lebih mengenal dengan sebutan penyakit tokso merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh protozoa Toxoplasma gondii. Penyakit ini merupakan penyakit yang tidak menular secara langsung dari manusia ke manusia lain. Namun mengapa masyarakat menyebutkan bahwa penyakit ini dikarenakan oleh kucing?? Hal ini disebabkan karena protozoa penyebab penyakit ini dalam siklus hidupnya menginfeksi hewan seperti kucing, tikus, binatang ternak seperti kambing, domba, sapi, babi dan unggas sebelum menginfeksi manusia. Sebenarnya banyak binatang yang dapat menyebarkannya kepada manusia namun karena kucing adalah hewan yang lebih banyak berinteraksi dengan manusia, oleh karena itu hewan ini menjadi “kambing hitam”.

Masyarakat juga banyak mengatakan bahwa “jangan mencium kucing, nanti bisa tokso”. Mengapa dengan mencium kucing dapat terkena tokso?? Protozoa Toxoplasma gondii sebenarnya masuk ke tubuh kucing melalui saluran pencernaannya dan akan keluar bersama dengan feses. Kucing adalah hewan yang memiliki kebiasaan menjilati seluruh tubuhnya termasuk anusnya. Setelah kucing menjilati anusnya yang ternyata fesesnya terdapat protozoa ini, kemudian kucing menjilati rambutnya sehingga protozoa yang menempel di anus berpindah ke rambut kucing. Nah, ketika manusia mencium rambut kucing protozoa ini akan masuk saluran pernapasan kemudian menginfeksi manusia.

Sebenarnya Toksoplasmosis adalah penyakit yang tidak berbahaya. Ketika menyerang manusia yang tidak hamil, penyakit ini hanya akan menyebabkan gejala demam, pusing dan badan yang lemas saja. Penyakit ini akan berubah menjadi berbahaya hanya ketika menyerang wanita yang hamil atau terkenal dengan sebutan Toksoplasmosis congenital. Protozoa penyebab penyakit ini akan masuk pembuluh darah dan akan menginfeksi janin melalui plasenta. Protozoa ini akan menyerang sistem saraf yang ada pada janin sehingga akan menyebabkan beberapa kerusakan mulai dari kerusakan ringan yang menyebabkan bayi lahir cacat bahkan sampai infeksi yang parah menyebabkan kematian pada bayi.

Apakah penyakit tokso memang disebabkan karena kucing?? Iya. Tapi tidak 100% benar. Penyakit ini dapat disebarkan oleh binatang-binang yang lain seperti disebutkan di atas. Apakah wanita hamil boleh memelihara kucing, berdekatan dengan kucing bahkan menciumnya?? Jawabannya boleh. Dengan syarat kebersihan kucing harus selalu diperhatikan. Kucing harus rajin dimandikan, harus dibuatkan tempat pembuangan fesesnya yang harus selalu dibersihkan setiap hari. Apakah semua kucing pasti memiliki protozoa penyebab penyakit tokso?? Dan jawabannya adalah tidak. Tidak semua kucing memiliki protozoa ini dan dapat menyebabkan penyakit tokso. So, tidak usah terlalu takut seorang wanita menyukai kucing apalagi dalam keadaan hamil. Rasulullah  ﷺ bersabda, “Tidaklah seorang muslim yang tertimpa gangguan berupa penyakit atau semacamnya, kecuali Allah akan menggugurkan bersama dengannya dosa-dosanya, sebagaimana pohon yang menggugurkan dedaunannya.” (HR. Bukhari dan Muslim). Sakitnya seseorang adalah Sunnatulloh dan merupakan cara dari Alloh untuk menggugurkan dosa hamba-hambaNya. Oleh karena itu, jika kita sakit maka bersabarlah dan tidak usah mencari-cari penyebabnya sampai menyalahkan makhluk hidup lain misalnya kucing sebagai penyebabnya. (N_Marfu’ah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *