Say Yes to Health and Say No to Anemia

No Comments on Say Yes to Health and Say No to Anemia

Remaja adalah masa-masa diantara anak-anak dan dewasa. Mengalami masa-masa pubertas sehingga belum bisa menentukan pilihan untuk kehidupannya, biasanya mereka lebih memilih mendengarkan kata kerabat sebanya dari pada orang tua dan hati kecilnya. Mereka sangat membutuhkan dorongan dari orang-orang yang berada disekitarnya dan mendukung segala aktifitas yang dapat membantunya untuk lebih maju kedepan.

 “Remaja putri lebih banyak membutuhkan Fe (karena kita mengalami menstruasi disetiap bulannya), sedangkan remaja putra lebih membutuhkan protein dan karbohidrat (karena mereka lebih banyak menggunakannya sebagai ATP)” ujar Dr.Arvika.

Di zaman kita ini yang populer sekarang adalah penyakit yang tidak menular, ex : Obesitas, Kekurangan Energi Kronis (KEK), dan Anemia. Sehat tidak hanya diliat dari jasmani tapi dari rohanipun sehat. Pada remaja putri kita bisa mengukur lingkar perut dengan berar kurang lebih 90 cm.

Sebab dari penyakit tidak menular seperti Obesitas, Kekurangan Energi Kronis (KEK), dan Anemia. Penyebab obesitas dan KEK adalah, kebiasaan buruk dalam mengkonsumsi makanan, pemahaman gizi yang keliru, kecenderungan dengan 1 makanan, tergoda pada iklan makanan, ingin mencoba-coba makanan dari luar negri.

Mulai sekarang kita harus terapkan dalam kehidupan kita Isi piringku menu sehat kaya manfaat jangan lupa disertai cuci tangan, minum air putih miinimal 8 gelas per/hari atau 2 liter, dan menjalani aktifitas fisik selama 30 menit per/hari serta 1 minggu minimal tiga kali.

Anemia

Hemoglobine atau sel darah merah berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh. Untuk pengecekan kadar sel darah merah kita dapat melakuakan pemeriksaan terhadap hemoglobin (Hb). Adapun penyebab difisiensi zat besi dan Anemia gizi besiseperti kekurangan asupan dan energi yang dibutuhkan, cacingan, dan kesalahan-kesalahan dalam pengkonsumsian teh, kopi, coklat dan softdrink yang dapat menghambat gizi besi setelah kita memakan makanan.

And remember “Air yang sehat tentu menyehatkan Tapi air yang bersih belum tentu menyehatkan ”

Selain itu penyebab remaja putri rentan anemia adalah remaja putri yang mengalami masa pubertas di usia 10-18 tahun, mengurangi asupan protein hewani dan tumbuhan demi diet, kebutuhan zat besi yang 2x lipat ketika mengalami menstruasi, pola makan yang biasa disominasi sumber cadangan nabati, dan terjadi gangguan pada menstruasi (waktu yang diperkirakan lebih cepat atau lambat). Untuk zat besi sendiri lebih banyak didalam hewani dari pada nabati.

Ciri-ciri anemia berat seperti kuku rapuh, telapak tangan , bibir, dan kulit terlihat pucat, kurang nafsu makan, kelopak mata (viva) terlihat pucat, sering pusing (apalagi dari posisi duduk ke berdiri), denyut nadi lebih pucat, dan kaki lebih cepat merasakan kram. Dampak dari anemia sendiri adalah daya tahan tubuh menurun, cepat merasakan lelah, kinerja menurun, prestasi tidak dapat dicapai sesuai target, dan mudah terjangkit infeksi. Sedangkan dampak penjangnya dapat mengganggu janin pada ibu hamil. Pendarahan sebelum dan sesuadah melahirkan dengan teksture darah yang kental, resiko kematian neonatal, dan anemia pada bayi tidak terdeteksi.

Prinsip pencegahan anemia dapat kita lakukan dengan memakan sayuran yang banyak zat besi (Fe) seperti bayam, kubis, dan daun kelor,mencegah penyakit TB , suplementasi tablet tambah darah (TTD), dan fertifikasi zat besi. Bagaimana kita dapat memperkaya (fertifikasi) zat besi untuk tubuh kita? Cara yang terbaik adalah dengan membaca lebel atau komposisi pada makanan yang akan kita makan. Cara penggunaan TTD adalah dengan meminum TTD 1 minggu satu tablet dan mengkonsumsisi air jeruk atau yang mengandung vitamin. Efek yang diakibatkan setelah memakan TTD seperti urin berwarna gelap, menyebabkan mual dan muntah (disebabkan karena bau dan rasa yang amis pada tablet TTD), dan mengalami nyeri ulu hati.

Terkadang terbesit didalam fikiran kita :

  1. Apakah perlu ikut tes anemia sebelum meminum TTD ?
  2. Apakah TTD menyebabkan tekanan darah tinggi?
  3. Apakah TTD menyebabkan menstruasi tidak teratur atau dapat mengeluarkan darah lebih banyak?
  4. Makan sayur banyak, cukup tidak untuk menggantikan TTD ?

Dan jawabanlah adalah Tidak !

  1. Karena meminum TTD tidak hanya untuk orang yang menderita anemia, melainkan untuk kebutuhan tubuh kita dan menjaga stabilitasnya.
  2. Anemia adalah membahas tentang volume dan tekanan darah tinggi adalah membahas kerja jantung. Jadi tidak ada sangkut pautnya anemia dan tekanan darah tinggi.
  3. Tidak ada sangkut pautnya menstruasitidak teratur atau dapat mengeluarkan darah lebih banyak dengan TTD. Kerena menstruasi itu berkaitan dengan hormon kita dan bukan disebabkan oleh TTD.
  4. Tidak, sayur tidak cukup untuk memggantikan TTD. Karena untuk makan sayur 1 gerobak baru nenggantikan 1 TTD.

Jadi Tablet tambah darah (TTD) sangat dibutuhkan untuk remaja dalam pencegahan anemia di usia dini. Dan merupakan program pemerintah dalam pemberian Tablet tambah darah (TTD) ke setiap sekolah per/minggunya. Dan sekolah mengadakan makan TTD bersama dihari yang telah ditentukan untuk menastikan setiap murid mengkonsumsi TTD 1 tablet setiap minggunya.

Lailatul Istiqomah Sinang Muslim (Ed. Saf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *