Eksplorasi Mahasiswi Farmasi tentang Tanaman Obat yang Ada di Indonesia

No Comments on Eksplorasi Mahasiswi Farmasi tentang Tanaman Obat yang Ada di Indonesia

Obat tradisional adalah obat-obatan yang diolah secara tradisional, turun-temurun, berdasarkan resep nenek moyang, adat-istiadatkepercayaan, atau kebiasaan setempat, baik bersifat magic maupun pengetahuan tradisional. Menurut penelitian masa kini, obat-obatan tradisional memang bermanfaat bagi kesehatan, dan kini digencarkan penggunaannya karena lebih mudah dijangkau masyarakat, baik harga maupun ketersediaannya. Sebagai seorang mahasiswi yang kreatif tentu tidak hanya mengenali obat sintetis saja, melainkan harus mengetahui dan mengenali obat-obat yang bersumber dari alam. Karena Indonesia adalah Negara yang berpotensi untuk menanam tumbuhan karena memiliki iklim tropis.

Pada tanggal 10 september 2019 bertepatan dengan hari Selasa, Mahasiswi Farmasi Universitas Darussalam Gontor melakukan kunjungan ke Badan Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) yang beralamatt di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Mahasiswi berkunjung dan meneliti tanaman-tanaman tradisional yang dapat digunakan sebagai obat untuk memenuhi salah satu mata kuliah yaitu Farmakognosi. Awal kedatangan, Mahasiswi ditempatkan di Sinema Fitomedika. Disana mahasiswi dikenalkan dengan B2P2TOOT mengenai sejarah, profil hingga pengolahan obat dari bahan tanaman sampai bisa digunakan menjadi obat.

Mahasiswi juga mengunjungi beberapa laboratorium yang ada di B2P2TOOT, diantaranya adalah:

  1. Laboratorium Sistematika Tumbuhan
  2. Laboratorium Benih dan Pembibitan
  3. Laboratorium Instrumen
  4. Laboratorium Formulasi
  5. Laboratorium Fitokimia
  6. Dll.

Salah satu Fasilitas di B2P2TOOT adalah kebun tanaman obat, mahasiswi mengeksplore semua jenis tanaman obat yang ada disana. Banyak tanaman obat yang terlihat biasa tetapi memiliki manfaat yang luar biasa. Contohnya adalah tanaman jarak (Ricinus Communis) meniliki manfaat untuk rematik sendi, tetanus, epilepsy, bronchitis pada anak-anak, luka terpukul, TBC dan masih banyak lagi manfaatnya. Contoh lainnya adalah tanaman Brotowali (Tinospora cordifolia) memiliki manfaat untuk hipertensi, diabetes, kesehatan jantung, infeksi kulit, rematik dan demam.

(Fauzia. ed Lusi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *