APA ITU DAGUSIBU CEKKLIK ??

No Comments on APA ITU DAGUSIBU CEKKLIK ??

           

Image result for dagusibu

Penggunaan obat secara benar sangat penting untuk membantu penyembuhan pasien serta mencegah dari suatu penyakit tertentu. Namun, di masyarakat belum banyak orang yang mengetahui cara pengelolaan obat dengan baik. Cara pengelolaan obat dengan baik dan benar adalah dengan sistem DAGUSIBU CEKKLIK. Apa itu DAGUSIBU CEKKLIK?? DAGUSIBU CEKKLIK meruapakan singkatan dari DApatkan GUnakan SImpan BUang CEK Kemasan Label Ijin edar Kadaluwarsa. Maksud dari kepanjangan DAGUSIBU adalah sebagai berikut:

Yang pertama adalah Dapatkan, berarti dapatkan obat di tempat yang benar, agar terjamin manfaatnya, keamanannya dan kualitasnya. Tempat yang benar berarti legalitasnya ada, misalnya apotek, rumah sakit, toko obat berijin, apotek klinik, dan sebagainya. Karena apotek sudah ada keterangan SIP (Surat Izin Praktek). Selain itu jika kita membeli di apotek, kita juga dapat menanyakan dosis secara langsung kepada pihak yang paham. Sedangkan jika kita membeli di warung, penjual hanya menjual barangnya saja tidak paham tentang dosis-dosis obat.

Kedua, Gunakan artinya gunakanlah obat sesuai dengan indikasinya (diagnosa penyakit), sesuai dosisnya, sesuai aturan pakainya, dan sesuai cara pemberiannya. Jangan sampai memakai atau menggunakan obat secara berlebihan. Mengapa? Karena dapat menyebabkan OVER DOSIS.

Ketiga, Simpan, yaitu simpan obat sesuai yang tertulis di kemasan, kecuali bila harus disimpan secara khusus. Umumnya obat disimpan di tempat yang sejuk (15-25° C), tidak terkena sinar matahari langsung, tidak di tempat yang lembab, dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. Fungsi hal di atas, jelas agar obat tidak mudah rusak, karena obat umumnya ada yang teroksidasi oleh sinar matahari, dan dapat mengakibatkan obat berkurang stabilitasnya sehingga jadi lengket-lengket dan rusak. Kelembaban juga akan membuat obat terurai. Anak-anak harus dijauhkan dari obat, agar tidak sembarangan memasukkannya ke mulut atau dibuat mainan. Bila ada kotak obat, masukkan obat dalam kotak atau lemari tersebut. Bila perlu letakkan di tempat yang tinggi, jauh dari jangkauan anak-anak.

Image result for dagusibu CEKLIK

Keempat adalah Buang. Jika obat sudah habis masanya atau sudah kadaluwarsa, maka segeralah buang obat tersebut. Membuang obat juga harus dengan prosedur yang benar. Obat yang sudah rusak atau kadaluwarsa harus segera di buang, sehingga tidak dapat lagi digunakan. Pembuangan obat bebas, obat bebas terbatas , dan obat keras dapat dilakukan sendiri oleh masyarakat. Agar tidak disalah gunakan oleh pihak lain, obat sebaiknya dibuang dengan cara tertentu sehingga benar-benar tidak berbentuk lagi. Prinsip pertama dalam membuang obat adalah gunakan masker dan sarung tangan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti menghirup bau menyengat obat yang sudah kadaluwarsa. Prinsip kedua yaitu semua bentuk sediaan harus hancur terlebih dahulu sebelum dibuang. Apabila tablet dihancurkan terlebih dahulu. Jika kapsul, dibuang isi yang ada didalamnya. Dan jika sirup, dibuang di kamar mandi atau di tempat lainnya, dan jangan sampai membuang obat yang masih utuh karena obat yang masih utuh walaupun sudah kadaluwarsa dapat diolah kembali dan dijual kembali oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

            Kemudian maksud dari CEKKLIK adalah sebelum kita membeli obat, sebaiknya kita mengecek kemasan obat itu dulu. Apakah obat tersebut masih layak dipakai atau tidak. Dan jika kemasannya sudah pudar atau robek, sebaiknya jangan dibeli dan di konsumsi.

            Kemudian cek label. Selalu cek label ketika membeli obat. Karena setiap obat mengandung informasi atau label yang berbeda.

            Selanjutnya ijin edar. Pastikan obat-obat yang kita pakai sudah mendapatkan izin edar dari Badan POM (Pengawas Obat dan Makanan) Indonesia.

            Dan yang terakhir kadaluwarsa. Selalu cek tanggal kadaluwarsa pada obat. Namun, jangka kadaluwarsa obat yang belum digunakan dengan obat yang telah dipakai berbeda. Maksimal pemakaian obat yang telah dibuka selama 2 minggu. Mengkonsumsi obat yang sudah lewat dari tanggal kadaluwarsanya akan beresiko tinggi. Karena obat telah mengalami perubahan komposisi kimia yang berbahaya dan selain itu khasiat serta zat aktif pada obat juga sudah berkurang atau bahkan hilang.  Maka dari itu, jika obat sudah lewat tanggal kadaluwarsanya, sebaiknya jangan digunakan dan langsung dibuang saja.

            Semoga apa yang teman-teman farmasi UNIDA GONTOR berikan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan juga teman-teman sekalian. Serta dapat meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya menjaga kesehatan.

(Syafilla, Ed.saf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *