UNIDA Gontor Kirimkan Delegasi dalam Event Nasional Perlombaan Karya Tulis Ilmiah CONCERNS 2019

No Comments on UNIDA Gontor Kirimkan Delegasi dalam Event Nasional Perlombaan Karya Tulis Ilmiah CONCERNS 2019

Tim Mahasiswi Universitas Darussalam Gontor Kampus Putri pada ajang kompetisi bergengsi mendapat kesempatan sebagai Finalis pada perlombaan LKTI CONCERNS (Competition of National Economic Research & Innovation Papers) yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNDIP, Semarang. Pelaksanaan perlombaan tersebut dilaksanakan pada tanggal 25-28 September 2019. Mahasiswi tersebut adalah Evi Rohana Ma’rufi Jannah dari program studi Farmasi semester 7 dan Ma’rufi Jannah Biya Khotijah dari program studi Pendidikan Bahasa Arab semester 3.

Kompetisi ini diikuti oleh seluruh perguruan tinggi di Indonesia, baik yang menempuh pada jenjang pendidkan D3 maupun S1. Pada kompetisi ini, panitia dari pihak FEB UNDIP melakukan penilaian terhadap abstrak dan full paper dari masing-masing peserta, hingga pada tahap penentuan babak final hanya akan mengambil 9 finalis karya tulis yang nantinya akan dilakukan penentuan juara 1,2, dan 3. Dalam babak final akan dilakukan penilaian lebih lanjut yaitu pada babak presentasi dan tanya jawab serta babak debat antar finalis. Dimana dalam kedua babak tersebut, nilai akan diakumulasikan dan akan ditentukan pemenang dalam LKTI CONCERNS tersebut.

Dalam perlombaan ini memang sedikit berbeda dengan perlombaan pada umumnya yang hanya melakukan babak presentasi dan tanya jawab, yaitu terdapat  babak debat antar finalis. Dalam babak debat yang diselenggarakan tersebut bertujuan untuk mengasah kemampuan mahasiswa sebagai peserta finalis untuk mampu menelaah lebih lanjut persoalaan mengenai permasalahan yang sedang hangat diperbincangkan dan mengasah kemampuan para finalis untuk mampu berargumentasi terhadap gagasan yang akan diusung nantinya sesuai dengan mosi debat yang telah ditentukan oleh panitia.

Adapun para finalis tersebut berasal dari 5 perguruan tinggi di Indonesia yaitu dari Universitas Diponegoro (3 tim), Universitas Indonesia (3 tim), Universitas Darussalam Gontor (1 tim), Universitas Padjajaran (1 tim), dan Universitas Negeri Padang (1 tim). Berdasarkan hasil akumulasi penilaian dari tahap abstrak, full paper, presentasi dan debat, adapun juara 1 yang diraih oleh tim UNDIP (Rima Riyanto), juara 2 tim UI (Feby J. Handayani), dan juara 3 tim UNPAD (Diana Rizky).

Dalam lomba karya tulis ini, mahasiswi UNIDA Gontor mengajukan karya tulis yang berjudul, “Pamanfaatan Limbah Batang Pisang dan Sisa Makanan sebagai Pakan Ternak Ayam kampung”. Dalam karya tulis ini secara garis besar memaparkan mengenai pemanfaatan limbah yang sudah tidak dimanfaatkan kembali oleh masyarakat. Mahasiswi tersebut berhasil membuat pakan ayam yang berasal dari sampah organik yang ditambah air cucian beras sebagai pembantu dalam proses berlangsungnya fermentasi secara anaerob selama 1×24 jam. Setelah terjadinya proses fermentasi, maka sampah organik tersebut disaring dari air cucian beras untuk kemudian ditambah dengan dedak padi dan pakan pun siap untuk dikonsumsi ternak ayam kampung.

Melalui pemanfaatan sampah organik sebagai pakan bergizi bagi ayam kampung, diharapkan dapat meminimalisir dampak penumpukan sampah organik dimasyarakat dan dapat menjadi solusi bagi para peternak untuk mengembangkan usaha ternak ayam kampung dengan biaya yang relatif murah dan harga jual yang menguntungkan. Sehingga dapat menjadi solusi bagi human capital di Indonesia yang mandiri, sejahtera dan mampu bersaing di kancah perdagangan internasional.

(Evi Rohana Ma’rufi Jannah, Ed.saf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *