BERAGAM SIMPLISIA BUATAN MAHASISWA FARMASI ANGKATAN 2018, APA SAJA??

No Comments on BERAGAM SIMPLISIA BUATAN MAHASISWA FARMASI ANGKATAN 2018, APA SAJA??

Sources : goole images

Obat tradisional (OT) merupakan salah satu warisan budaya bangsa Indonesia yang telah digunakan selama berabad-abad untuk pemeliharaan dan peningkatan serta pencegahan dan pengobatan penyakit. Obat tradisional dapat terbuat dari nabati, hewani maupun mineral. Bagian tanaman yang digunakan sebagai bahan obat disebut simplisia. Mahasiswa Farmasi Angkatan 2018 mulai mengaplikasian ilmunya pada Mata kuliah Farmakognosi dengan membuat salah satu Obat tradisional yaitu dalam bentuk simplisia pada hari Senin (2/09/19) di Lab. Farmakognosi Lt.2 UNIDA Gontor.

Di dampingi oleh Dosen Pengajar Mata kuliah Farmakognosi Nurul Marfu’ah, M.Si beserta asistennya, Mahasiswa Farmasi Angkatan 2018 membuat berbagai macam simplisi seperti Simplisia jahe, batang brotowali, daun pandan, biji alpukat, batang pepaya, ubi ungu, kulit lemon, semut jepang, dll. Proses pembuatan simplisia dilakukan selama kurang lebih satu minggu, mulai dari proses Pengumpulan bahan baku, Sortasi basah, Pencucian, Pengubahan bentuk, Pengeringan, Sortasi kering, dan Pengepakan dan penyimpanan.

Beberapa bahan atau tanaman yang digunakan untuk pembuatan simplisia di ambil dari Apotek Hidup “Avicenna” yang ditanam dan dirawat oleh seluruh Mahasiswa Farmasi UNIDA Gontor. Apotek Hidup “Avicenna” berlokasi di Samping Auditorium UNIDA Gontor.

(saf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *