INTERNATIONAL HALAL FESTIVAL: Workshop Using ISO 17025, Management for LPH and Laboratory

No Comments on INTERNATIONAL HALAL FESTIVAL: Workshop Using ISO 17025, Management for LPH and Laboratory

Prodi Farmasi UNIDA Gontor, PHARMA News – Produk halal merupakan produk yang sudah dinyatakan halal sesuai syariat Islam. Baik halal dari bahannya, prosesnya, alatnya, metodenya dan sampai sirkulasi keuangannya. Banyak produk yang menawarkan brand halal dewasa ini. Namun, banyak pula yang belum memenuhi halal dan thoyyib. Halal research center merupakan salah satu cita-cita dari UNIDA Gontor sebagai universitas Islam yang berbasis pesantren. Festival Halal yang diselenggarakan oleh Universitas Brawijaya merupakan suatu kegiatan yang sangat positif dan dapat membuka wawasan bagi JNIDA Gontor untuk menyusun project Halal Research Center. Beberapa delegasi dari Fakultas Ilmu Kesehatan UNIDA Gontor mengikuti Festival Halal yang berbasis Workshop using ISO 17025, Management LPH and Laboratory.

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) merupakan unit dibawah Kementerian Agama yang mulai dilaunching secara resmi pada tanggal 11 Oktober 2017. Badan ini bertugas untuk mempersiapkan wajib sertifikasi halal pada tanggal 17 Oktober 2019 bagi produk yang masuk dan beredar/diperdagangkan di Indonesia. Penyelenggaraan produk halal ini harus memperhatikan beberapa hal seperti :

  1. Halal. Halal yang dimaksud adalah halal dari segi proteksi, kebutuhan, higiene dan health
  2. Thoyyibah. Yang dapat menjamin suatu produk sudah thiyyib tidak hanya halal semata adalah dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM)
  3. Keuangan Syariah. Sirkulasi keuangan yang terjadi dalam pengelolaan priduk halal juga harus berbasis syariah. Lembaga yang menangani keuangan syariah adalah Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS)

JPH dicanangkan sebagai bentuk kebutuhan manusia akan proteksi dari suatu produk yang dikonsumsi maupun dibeli. Tenggang waktu yang dilayangkan oleh BPJPH untuk penyelenggara produk agar memiliki sertifikat halal adalah sampai 17 Oktober 2024.

Lembaga Penjaminan Halal (LPH) merupakan lembaga yang memgurusi suatu produk dapat dinyaatakan halal atau tidak.

Lembaga Penjaminan Halal (LPH) merupakan lembaga yang memgurusi suatu produk dapat dinyaatakan halal atau tidak. Syarat pendirian LPH adalah memiliki laboratorium yang telah berserrifikat ISO 17025, auditor yang telah diuji oleh BPJPH. Hingga saat ini bentuk kegiatan yang dilakukan oleh BPJPH adalah dengan cara sosialisasi dan mengawasi produk yangbtelah beredar. Bentuk sosialisasi yang dilakukan adalah seperti pengadaan workshop tentang JPH.

(Anggun Mahirotun)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *