Kimia Analisis: Analisis Kuantitatif Vitamin B1 dengan Metode Alkalimetri

No Comments on Kimia Analisis: Analisis Kuantitatif Vitamin B1 dengan Metode Alkalimetri

Praktikum Kimia Analisis merupakan metode pembelajaran praktik langsung yang diperuntukkan kepada mahasiswi Program Studi Farmasi UNIDA Gontor semester 4.

Kimia analitik adalah suatu disiplin yang merupakan tulang punggung ilmu kimia dan tidak dapat

diberikan dalam suatu bentuk bahan studi yang saling terpisahkan dari ilmu kimia karena akan menurunkan kemampuan analisis seorang peneliti (Khopkar, 2010).

Dalam bidang farmasi, khususnya kimia atau analisis farmasi sering dilakukan analisis sediaan farmasi, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Analisis kualitatif seperti identifikasi organoleptis, sedangkan analisa kuantitatif digunakan untuk menentukan kadar suatu senyawa. Pada Praktikum Kimia Analisis percobaan ke 2 ini, kami telah melakukan percobaan dengan judul Analisis Kuantitatif Vitamin B1 Dengan Metode Alkalimetri. Adapun tujuan dari percobaan ini adalah untuk mengetahui dan menentukan kadar vitamin B1 yang terdapat dalam tablet vitamin B1 secara alkalimetri.

Analisis Kuantitatif Vitamin B1 Dengan Metode Alkalimetri

Analisis kuantitatif bertujuan untuk mengetahui kadar suatu senyawa dalam sampel, dapat berupa satuan mol, ataupun persentase dalam gram. Analisis senyawa vitamin dianggap penting khususnya bagi farmasis karena sebagaimana diketahui senyawa vitamin terbagi menjadi golongan yang larut dalam air dan lemak. Vitamin memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh walaupun hanya dibutuhkan dalam jumlah yang relatif kecil. Oleh karena itu, penting untuk menganalisis senyawa ini. Prinsip kerja dari Praktikum ini yaitu dengan metode Alkalimetri. Prinsip kerja dari metode ini adalah dengan adanya hidroklorida dalam tiamin hidroklorida dapat dititrasi dengan natrium hidroksida 0,1 N menggunakan indikator brom timol biru. Selanjutnya diamati hasil perubahan warnanya, warna yang dihasilkan adalah warna biru muda.


Hasil titrasi penentuan kadar vitamin B

Dengan terlaksananya praktikum ini, mahasiswi diharapkan mampu memahami secara langsung teori-teori percobaan dalam mata kuliah Kimia Analisis dan dapat mengembangkan ilmunya dalam kefarmasian.

(Arminda Sani Azzain, Ivo Silvani )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *