ASIKNYA BELAJAR DI LABORATORIUM KIMIA

No Comments on ASIKNYA BELAJAR DI LABORATORIUM KIMIA

Kimia, menjadi matakuliah yang tak asing lagi bagi mahasiswa farmasi, beberapa matakuliah tersebut seperti kimia dasar, kimia organik dan kimia analisis. Banyak mahasiswa yang menganggap bahwa matakuliah ini merupakan  satu dari beberapa matakuliah yang sulit dipahami, namun dengan adanya praktikum, mahasiswa cenderung merasa asyik ketika melakukan percobaan dengan bahan-bahan kimia di laboratorium kimia analisis & kimia organik.

Praktikum kimia analisis pertemuan ke-3 dengan judul kegiatan “Pengujian Kadar Metampiron (Antalgin) Secara Iodimetri” dilakukan oleh mahasiswi farmasi semester 4, praktikum tersebut dilaksanakan pada tanggal 13 Januari 2020 dan menjadi praktikum terakhir sebelum bertatap muka dengan ujian mid semester. Dengan didampingi oleh asisten kimia analisis, para praktikan antusias dan serius melakukan praktikum, dimulai dari pretest untuk syarat masuk ruang laboratorium, menggerus tablet antalgin, menimbang dan melakukan titrasi dengan larutan iodida 0,1 N.

Selain untuk memenuhi nilai matakuliah kimia analisis, adanya praktikum ini bertujuan untuk memberi pemahaman yang lebih kepada mahasiswa bagaimana cara melakukan analisis dengan titrasi yang benar sehingga mahasiswa diharapkan mampu membuktikan sendiri suatu pertanyaan ataupun hipotesis yang dipelajari, dapat memupuk dan mengembangkan sikap ilmiah dalam diri, serta memberikan gambaran dan pengertian yang lebih jelas daripada hanya penjelasan melalui lisan.

(NI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *