Seminar Nasional Kefarmasian 2020 “ Natural Beauty and Healthy With Cosmetics”

No Comments on Seminar Nasional Kefarmasian 2020 “ Natural Beauty and Healthy With Cosmetics”

Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN) mengadakan seminar nasional kefarmasian yang diadakan pada hari Kamis (30/01/20) di Aula Serua Green Village Depok, Jawa Barat. Acara ini bertepatan dengan acara IPLF dan PRAMUNAS ISMAFARSI XVIII 2020. Dalam seminar nasional ini mengundang 3 narasumber yang berkompeten di bidangnya, yaitu Bapak Nunu Nugraha M.Farm., Apt dengan subtema (Ilmu Dasar & Praktek Herbal Yang Berpotensi Di Pasaran Dalam Sediaan Kosmetik), Dr. Doni Rahmat M.Si., Apt dengan subtema (Pengembangan Teknologi Nano Partikel Sediaan Kosmetik), Ivan Santoso S.Si., M.Farm., Apt dengan subtema (QA, QC & Manejemen Produksi Sediaan Kosmetik Herbal).

Sebagai calon farmasis kita harus pandai dalam menetapkan suatu bahan untuk di jadikan produk, karena ketepatan pemilihan produk itu adalah upaya utama dalam menghasilkan suatu produk yang diinginkan dan diminati oleh masyarakat. Ketika kita memasuki dunia Enterpreneur maka kita tidak akan terhindar dari kata untung-rugi, oleh sebab itu jika ingin mendapatkan untung yang besar maka hadapi resiko yang besar pula. Upaya untuk memasarkan suatu produk pasti membutuhkan yang namanya modal, pada pidatonya Pak Nunu Nugraha mengatakan bahwa ada beberapa struktur modal: Variabel cost ( biaya modal ), Fixed cost ( biaya tetap) dan Inventory cost ( tenaga). Fokus bisnis yang sedang berjalan di tahun 2020 ini mengacu pada 3 point besar yaitu : Natural Remedies, Cosmetics dan Fungsional Food.

Permasalahan dibidang keprofesian banyak terjadi salah satunya adalah diperkirakan Tenaga Kerja baik Tenaga Medis atau Non Medis dapat digantikan oleh kecanggihan zaman dan robot adalah pengganti semua Sumber Daya Manusia dimasa mendatang. Tetapi perlu kita tahu dan renungkan bahwa sesungguhnya Apoteker tidak adakan bisa digantikan oleh Robot, karena Apoteker sebagai Tenaga Keprofesian yang telah DISUMPAH dan merupakan Pemimpin yang Takut akan Tuhan.

“If someone offers you an amazing oppurtunity and you’re not sure can do it, Say YES-then learn how to do it later” –Richard Bianson-. Itu merupakan salah satu pedoman yang Pak Nunu Nugraha terapkan di kehidupannya. Jika seseorang mempunyai NIAT BAIK meskipun sekali saja, maka jangan mendengar kata ke-2 dan seterusnya oleh karena itu katakanlah “IYA” pada semua kesempatan yang kamu punya. Menjadi Pharmapreuner merupakan hal yang tak mudah tetapi semua Produk harus memiliki UNIQUE SELLING POINT, yang menarik dan dapat membedakan dari produk-produk yang telah ada dipasaran.

( Febriana Nur Aini & Hamzah Gita Sari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *