UNIDA Gontor Terapkan Penanganan Covid-19 Sesuai Protokol WHO

No Comments on UNIDA Gontor Terapkan Penanganan Covid-19 Sesuai Protokol WHO

Pengecekan suhu tubuh karyawan UNIDA oleh Mahasiswi Farmasi

Prodi Farmasi UNIDA Gontor, PHARMA News – Seiring dengan meningkatnya jumlah pasien terinfeksi virus Corona di Indonesia, UNIDA Gontor menerapkan penanganan virus corona jenis baru atau COVID-19 dilingkungan kampus berdasarkan protokol dari World Health Organization (WHO) dan Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Data kasus corona oleh Kemenkes RI

Berdasarkan data pelaporan kasus COVID-19 pada Sabtu, 21 Maret 2020 yang dikutip dari laman https://covid19.kemkes.go.id/ , telah dilaporkan bahwa jumlah pasien positif terinfeksi virus Corona di Indonesia terus meningkat dengan angka kematian 8.4%. Maka WHO dan Kemenkes RI terus mengimbau masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan mencegah penularan virus corona.

Oleh karena itu, Rektor Universitas Darussalam Gontor menyampaikan maklumat (No. 2591/UNIDA/R-z/VII/1441) yang berisi imbauan kepada seluruh civitas akademika UNIDA Gontor untuk melakukan upaya pencegahan penularan virus corona tersebut.

Handsanitizer produksi Fakultas Ilmu Kesehatan UNIDA Gontor

“Pencegahan penularan COVID-19 di UNIDA Gontor sudah kita upayakan berdasarkan imbauan dan protokol kemenkes dan WHO. Pada upaya pencegahan, kita melakukan pemeriksaan mulai dari pengecekan suhu badan di setiap pintu gerbang masuk kampus, melakukan disinfeksi pada daerah yang banyak terjadi pertemuan seperti asrama, kantin, kelas, dan beberapa ruang pertemuan lainnya. Disinfeksi tersebut menggunakan alkohol (Etanol) 70% dan akan dilakukan setiap tiga hari sekali, serta banyak upaya pencegahan lainnya yang telah kami lakukan. Dalam hal ini, UNIDA Gontor dapat kita sebut sebagai area terisolasi sehingga upaya kita mencegah penularan dari luar. Sedangkan pada upaya penanganan infeksi, apabil terdapat civitas akademika yang menunjukkan indikasi infeksi virus corona maka akan dirujuk ke pelayanan kesehatan, seperti Puskesmas dan lainnya” jelas Rizki Awaluddin, S.Farm., M.Biomed Dosen Farmasi UNIDA Gontor.

Upaya penanganan serta pencegahan COVID-19 juga turut melibatkan mahasiswa, seperti saat pengencekan suhu tubuh bagi dosen, karyawan, maupun mahasiswa di dalam kampus, pembuatan handsanitizer, serta menyemprotan disinfektan.  Hal tersebut sebagai bentuk kepedulian civitas akademika UNIDA Gontor dalam upaya melindungi, mencegah, dan menangani penularan COVID-19.

“Dihimbau kepada seluruh mahasiswa UNIDA Gontor untuk dapat menerapkan pola hidup sehat agar tidak terinfeksi Covid-19. Pertama, pola hidup sehat sederhana dapat dimulai dengan sering mencuci tangan. Kedua, mendukung program dari WHO yaitu social distancing atau mengurangi pertemuan dan kontak langsung dengan orang lain. Ketiga adalah sebisa mungkin untuk tidak menyentuh bagian mata, hidung, serta mulut untuk menghindari penyebaran COVID-19” pesan dosen Farmasi UNIDA Gontor.

Salma Auliya F.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *