13 Amalan Yang Dapat Menjadi Booster Selama Ramadhan

No Comments on 13 Amalan Yang Dapat Menjadi Booster Selama Ramadhan

Ramadhan Kareem

Marhaban Ya Ramadhan. Tak terasa besok hari Jum’at, 23 April 2020 seluruh umat muslim melaksanakan salah satu rukun iman yaitu berpuasa. Puasa sendiri terdiri dari berbagai macam, dan yang paling istimewa adalah puasa yang di jalankan penuh selama 30 hari atau yang dikenal dengan puasa Ramadhan.  Untuk mem-booster diri kita selama berpuasa Ramadhan kita dapat melakukan 13 amalan selama puasa.

Meskipun kita masih dalam masa COVID-19,namun bukan berarti kita tidak dapat memaksimalkan ibadah kita selama bulan Ramadhan ini. Oleh karenanya, kita harus tetap mempersiapkan diri kita untuk menyambut bulan yang mulia ini, baik dengan bekal fisik maupun pemahaman yang berkaitan dengan amalan-amalan apa saja yang harus kita lakukan selama bulan Ramadhan. Allah juga berjanji akan melipat gandakan pahala kita, maka dari itu kita tidak boleh melewatkan bulan yang mulia ini berlalu begitu saja.  

WHO juga menyampaikan untuk seluruh umat muslim yang akan menjalankan ibadah puasa agar mendo’akan saudara kita yang terkena COVID-19, serta jangan lupa berdo’a agar pandemic ini cepat berlalu.

Berikut ini adalah beberapa amalan harian yang harus kita lakukan selama bulan Ramadhan ini:

1. Jangan Lupa Niat Puasa Ramadhan

“Segala sesuatu tergantung pada niatnya”, oleh karena itu jangan lupa untuk berniat Puasa Ramadhan pada malam sebelumnya serta meluruskan niat tersebut semata-mata untuk mencari ridho Allah.

2. Makanlah Sahur dan Akhirkanlah

 Amalan sunnah di bulan Ramadan salah satunya bisa dilakukan dengan mengakhirkan waktu sahur. Rasulullah bersabda: “Bersantap sahurlah kalian, karena sahur itu adalah keberkahan (HR. Bukhari)”.

Berbuka puasa bersama keluarga

3. Bersegeralah Dalam Berbuka Puasa dan Jangan Berlebihan

Setelah berpuasa selama seharian, maka umat islam dianjurkan untuk menyegerakan berbuka puasa ketika telah memasuki waktu magrib.

Sebelum berbuka puasa hendaknya untuk membaca do’a terlebih dahulu “Allahumma laka shumtu wabika amantu wa ‘ala rizqika afthartu birahmatika yaa arhamar rahimin” dan artinya adalah “Ya Allah, hanya untuk-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman, atas rezeki-Mu aku berbuka, berkat rahmat-Mu, wahai Dzat yang maha penyayang di antara para penyayang”.

Ketika berbuka puasa, disunnahkan untuk mengonsumsi yang makanan manis terlebih dahulu seperti kurma sebanyak tiga buah, dan kemudian memakan makanan ringan. Kemudian setelah sholat teraweh dapat dilanjutkan dengan memakan makanan berat seperti nasi dll.

4. Menjaga Diri Dari Hal-Hal Yang Dapat Membatalkan Puasa

Seperti makan, minum, dan lainnya. Selain itu, kita juga harus menjaga diri dari hal-hal yang dapat merusak niat puasa kita seperti berkata yang tidak pantas atau berkata keji.

5. Tunaikan Sholat Tarawih Dan Perbanyak Amalan Sunnah Nawafil Lainnya.

Meskipun sholat teraweh tahun ini dilakukan di rumah, jangan lupa untuk tetap melaksanakannya di dalam rumah masing-masing bersama keluarga.

6. Hidupkan Malam Dengan Qiyamul Lail

Allah telah menjelaskan dalam Al-Qur’an dan juga Rasulullah dalam banyak hadits mengenai besarnya pahala yang diperoleh dari melaksanakan shalat malam. Seperti firman Allah, “Dan sebutlah nama Rabb-mu pada (waktu) pagi dan petang. Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang di malam hari.” [Al-Insaan/76: 25-26].

7. Perbanyak Membaca dan Mengkaji Al-Qur’an

Jika pada hari-hari biasanya hanya membaca 2-3 lembar, maka mulai bulan Ramadhan kali ini mulai merenapkan untuk ONEJ (One Day One Juz) sehingga tepat 30 hari untuk dapat menghatamkan Al-Qur’an.

Ulama terdulu sangat rajin menghatamkan Al-Qur’an ketika bulan Ramadhan, seperti Imam Syafi’I yang dapat khatam hingga 60 kali selama di bulan Ramadhan.

Selain hanya membacanya kita juga dapat mengkaji Al-Qur’an yang dapat di lakukan secara mandiri dengan menelaah tafsiran pada Al-Qur’an maupun dengan mendengarkan dari beberapa ustadz secara online.

8. Perbanyak Usaha Untuk Mengkaji Tsaqofah (Pengetahuan) Islam

Dapat dilakukan dengan membaca buku-buku islami maupun mendengarkan ceramah secara online.

9. Perbanyak Membaca Syahadat Dan Istigfar

Dua amalan tersebut sangat disukai oleh Allah, maka jangan lupa untuk selalu membacanya.

10. Hindari Perbuatan Keji

Hindari perbuatan keji seperti bertengkar, mencuri, berzina, menggosip, berbohong, ghibah, mencaci maki, serta hindari pula aktivitas yang sia-sia.

11. Berburu Malam Lailatul Qadar

Berburulah malam lailatul qadar pada 1/3 akhir Ramadhan dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas amalan kita.

12. Perbanyak Shodaqoh dan Infaq

Memperbanyak shodaqoh dan infaq memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah memperoleh pahala yang besar dari Allah, sebagaimana dalam firman Allah “Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali dari bisikan-bisikan orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat kebaikan atau mengadakan perdamaian diantara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kami akan memberinya pahala yang besar”. [An-Nisa:114]

13. Jangan Lupa Mengeluarkan Zakat Fitrah Pada Waktu Yang Telah Ditetapkan

Zakat fitrah merupakan zakat yang harus ditunaikan bagi seorang yang telah memiliki kemampuan untuk menunaikannya. Zakat ini bersifat wajib di keluarkan sekali dalam setahun yaitu saat bulan Ramadhan menjelang Idhul Fitri.

Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata,
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fithri dengan satu sho’ kurma atau satu sho’ gandum bagi hamba dan yang merdeka, bagi laki-laki dan perempuan, bagi anak-anak dan orang dewasa dari kaum muslimin. Beliau memerintahkan agar zakat tersebut ditunaikan sebelum manusia berangkat menuju shalat ‘ied.” Muttafaqun ‘alaih. (HR. Bukhari dan Muslim).

Jangan lupa untuk bersyukur karena kita dapat berjumpa dengan bulan Ramadhan tahun ini, dan belum tentu pula kita dapat berjumpa dengan bulan Ramadhan tahun depan. Sehingga, kita harus memaksimalkan amalan kita dan jangan di biarkan lengah. Semoga amalan yang kita jalankan selama bulan Ramadhan ini dapat terus berlanjut pada bulan-bulan setelahnya..

(saf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *