Jangan biarkan tubuh dehidrasi ketika puasa! Simak Tips nya!

No Comments on Jangan biarkan tubuh dehidrasi ketika puasa! Simak Tips nya!

Ramadhan merupakan bulan yang istmewa bagi umat Islam. Didalam bulan suci ramadhan umat Islam diperintahkan untuk melaksanakan ibadah puasa. Puasa dalam bahasa arab disebut dengan Ash-Shiyaam (الصيام) atau Ash-Shaum (الصوم). Secara bahasa Ash-Shiyam memiliki arti Al-Imsak (الإمساك) atau menahan diri. Sedangkan secara istilah, Ash-Shiyam memiliki arti: beribadah kepada Allah ‘Azza wa Jalla dengan menahan diri dari makan, minum dan pembatal puasa lainnya, dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Di Indonesia sendiri, lama waktu berpuasa sekitar 13-14 jam. Untuk itu, perlu kita simak tips untuk menghindari dehidrasi ketika sedang berpuasa yaa readers!

Description: Tamam - Marketplace

Air merupakan salah satu unsur yang terpenting didalam tubuh kita, karena 60% dari tubuh kita tersusun atas air.  Selama menjalani ibadah puasa, kita diperintahkan untuk menahan diri dari minum salah satunya. Tidak jarang sebagian dari kita mengalami dehidrasi ketika menjalani ibadah ini. Dehidrasi sendiri, terjadi apabila tubuh mengalami kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapatkan. Kondisi ini mengakibatkan ketidakstabilan elektrolit yang ada didalam tubuh. Cairan di dalam tubuh juga memiliki fungsi sebagai pengatur suhu, pembentuk sel, pelarut, media transportasi, dan media eliminasi toksin. Dampak yang dapat ditimbulkan dari dehidrasi ringan adalah mulut kering, pusing, kelelahan, jarang buang air kecil, dan urin yang dikeluarkan berwarna lebih gelap serta memiliki bau yang lebih kuat. Sedangkan apabila tubuh mengalami dehidrasi berat, tubuh akan memberikan respon fisiologi seperti diare, sulit mengontrol suhu tubuh, berhenti berkeringat, dan kerja jantung akan menjadi lebih berat, bahkan dalam penelitian lain akan menjadi salah satu penyebab dari obesitas. Menurut buku Pedoman Gizi Seimbang 2014 kebutuhan cairan pada setiap individu berbeda dipengaruhi oleh umur dan aktivitas yang dilakukan. Adapun kebutuhan cairan menurut perbedaan umur adalah sebagai berikut :

Rentang Umur Kebutuhan Cairan di dalam Tubuh
0-12 tahun 1800 mL
13-15 tahun 2000 mL
16-18 tahun 2100 mL
19-50 tahun 2300 mL

Adapun Tips yang bisa dilakukan readers untuk menghindari dehidrasi adalah :

1. Tetap minum air sesuai kebutuhan, kurang lebih 8 gelas perhari yaa readers!

  • 1 gelas sebelum makan sahur
  • 1 gelas setelah makan sahur
  • 1 gelas saar adzan maghrib
  • 1 gelas setelah shalat maghrib
  • 1 gelas setelah makan
  • 1 gelas sebelum shalat isya
  • 1 gelas setelah shalat terawih
  • 1 gelas sebelum tidur

2. Jangan terlalu banyak makan asin ketika sahur

Makanan yang asin akan membuat kita cepat haus hingga kekurangan cairan karena bisa mempengaruhi pengaturan cairan dalam tubuh.

3. Jangan terlalu banyak tidur

Saat tidur, tubuh juga mengeluarkan cairan loh! Hal ini dinamakan insensible water loss atau kehilangan cairan tubuh tanpa terasa. Jadi semakin banyak durasi tidur kamu, semakin banyak juga cairan yang terbuang sia-sia readers!

4. Hindari aktivitas  berat

Saat memlakukan aktivitas berat tubuh akan mengalami kehilangan cairan dalam skala yang banyak. Maka kamu bisa ubah aktivitas berat yang perlu kamu lakukan dimalam hari.

5. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Selain memiliki kandungan vitamin, konsumsi buah dan sayur dapat menghindarkan tubuh dari dehidrasi karena kandungan air yang ada didalamnya readers!

-AR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *