Saffron: Peningkat Sistem Imun Tubuh Untuk Mencegah Virus

No Comments on Saffron: Peningkat Sistem Imun Tubuh Untuk Mencegah Virus

Lima Manfaat Kecantikan Bunga Saffron untuk Kulit | Tagar

“Semua yang bisa meningkatkan imunitas tubuh berarti itu penangkal”, kata Menteri Kesehatan RI Letjen TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto. Saat menanggapi pertanyaan detikcom terkait persepsi masyarakat soal manfaat jahe dan kunyit sebagai proteksi tubuh dari virus corona. Selain jahe dan kunyit, rempah-rempah yang tidak kalah ampuh untuk meningkatkan sistem imun tubuh adalah saffron.

Saffron memiliki banyak nutrisi di dalamnya. Rempah-rempah yang bersumber dari bunga Crocus Sativa ini banyak memiliki kandungan utama berupa Mangan, dimana dari 100gr saffron terdapat sebanyak 1.235%-nya adalah berupa Mangan. Salah satu jenis mineral yang ditemukan ini, jika dikonsumsi secara tepat akan membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan tulang, menangkal radikal bebas, dan membantu meningkatkan sistem imun metabolisme dalam tubuh.

bunga saffron

Saffron ini bukan hanya untuk mencegah penyakit virus atau pun penyakit yang lain nya, tetapi dapat di gunakan untuk kesehatan kulit seperti perawatan wajah. Banyak para wanita yang menggunakan Saffron ini sebagai bahan tambahan untuk skincare, yang mempunyai banyak manfaat dan khasiat ini. Biasanya, Saffron yang di gunakan untuk perawatan wajah berbentuk cair dan sudah tercampur dengan bahan kimia yang membuat wajah tampak putih dan cerah.

Kabar baiknya lagi, saffron mengandung kolesterol sebanyak 0%, yang artinya sangat aman untuk digunakan sehari-hari dalam takaran yang pas. Sebenarnya masih banyak kandungan lain pada saffron seperti vitamin A, C, asam folat, dan karbohidrat. Penggunaan saffron pada dasarnya sudah mampu memberi rasa dan warna pada masakan atau untuk kegunaan lainnya. Saffron yang asli memiliki aroma bagaikan madu dengan sedikit nuansa harum jerami. Kuliner dari negara-negara Arab, Asia Tengah, Eropa, Maroko, India dan Iran sering menggunakan saffron sebagai pewarna makanan sekaligus penambah aroma. Ilmu kedokteran modern berhasil mengungkap berbagai khasiat safron, seperti anti karsinogenik (pencegah kanker), anti-mutagenik (pencegah mutasi), imunomodulasi (memperbaiki sistem imun) dan antioksidan.

Selain itu, terkandung zat kaemferol yang memiliki sifat anti-kanker dan bisa menekan pertumbuhan sel berbahaya. Komponen antioksidan yang besar di dalam saffron dapat digunakan tubuh untuk mencegah radikal bebas dan sel asing dari luar yang membentuk kanker dalam tubuh. Dengan komponen ini, tubuh dapat terhindar dari berbagai jenis virus dan kanker seperti kanker kulit, kanker payudara, kanker prostat, kanker paru-paru, kanker serviks dan kanker lainnya. Selain sebagai obat herbal dan kuliner, saffron juga bisa dikonsumsi dengan dicampurkan ke dalam susu hangat atau dijadikan minuman segar dengan tambahan bahan-bahan lainnya. 

 (Stevania Bunga, Ed.saf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *