Mengenal Probiotik Dalam Perspektif Kesehatan

No Comments on Mengenal Probiotik Dalam Perspektif Kesehatan

Probiotik

Adanya pandemik virus corona ini menuntut setiap orang untuk meningkatkan imunitas tubuh, baik dengan memperbaiki pola makan, mengonsumsi probiotik, maupun dengan berolahraga. Akhir-akhir ini, probiotik mulai diminati dan dicari orang, namun sudah kah kita mengetahui apa itu probiotik?

Apa itu probiotik?

Dikutip dari Medicine Net, probiotik berasal dari Bahasa Yunani. Kata “pro” berarti mempromosikan dan “biotik” artinya kehidupan. Menurut National Institute of Health (NIH) Amerika Serikat, probiotik adalah mikroorganisme yang mirip dengan bakteri baik dalam usus manusia. Pangan probiotik adalah pangan (makanan/minuman) yang terdiri dari sejumlah bakteri hidup yang memberi efek menguntungkan bagi kesehatan. Produk probiotik yang sudah dikenal masyarakat antara lain produk susu fementasi oleh bakteri asam laktat (Lactobacilli dan Bifidobacterium) seperti yogurt, yakult, susu asidofilus, dan lain sebagainya.

Probiotik umumnya dari golongan bakteri asam laktat (BAL), khususnya pada genus Lactobacillus dan Bifidobacterium yang merupakan bagian dari flora normal saluran pencernaan manusia. Probiotik dapat memproduksi bakteriosin, asam laktat, asam asetat, hydrogen peroksida, laktoperoksidase, lipoposakarida, dan antimicrobial sebagainya. Probiotik juga menghasilkan nutrisi penting untuk system imun dan metabolism host, seperti vitamin B, pyridoksin, niasin, asam folat, kobalamin, dan biotin serta antioksidan seperti vitamin K.

Apa peran probiotik terhadap kesehatan?

Peran probiotik bagi kesehatan tubuh melalui tiga mekanisme fungsi yang terdiri dari fungsi protektif, yaitu kemampuan probiotik untuk menghambat pathogen dalam saluran pencernaan, fungsi sistem imun tubuh, fungsi metabolit probiotik. Efek probiotik terhadap kesehatan antara lain: menanggulangi diare, menstimulasi system kekebalan tubuh, menurunkan kadar kolesterol, pencegahan kanker kolom dan usus, dan penanggulangan dermatitis atopic pada anak-anak, menanggulangi penyakit irritable bowel syndrome, pencegahan dan penanganan penyakit infeksi, dan lain sebagainya.

Apa efek samping probiotik?

Dikutip dari farmasetika.com, bahwa efek samping mengonsumsi makanan dan minuman probiotik sedikit untuk orang yang relative sehat. Namun, pada orang yang sakit kritis dengan system kekebalan yang lemah atau pasca operasi dapat mengalami efek samping yang parah, termasuk infeksi.

Sumber:
Yuniastuti, Ari. 2014. Buku Monograf Probiotik Dalam Perpektif Kesehatan. Semarang: UNNES Press.

(Salma Auliya Fatimah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *