Peran Probiotik Pada Sistem Kekebalan Tubuh

No Comments on Peran Probiotik Pada Sistem Kekebalan Tubuh

Rahasia Probiotik Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Probiotik merupakan organisme hidup yang mampu memberikan efek yang menguntungkan kesehatan hostnya apabila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dengan memperbaiki keseimbangan mikroflora intestinal pada saat masuk dalam saluran pencernaan. Mikroorganisme yang berpeluang besar melintasi dan hidup pada saluran pencernaan adalah yang berasal dari tubuh manusia sendiri. Karena itu pada awalnya bakteri yang digunakan untuk pembuatan probiotik di isolasi dari usus manusia. Ada sekitar 100 spesies dan lebih dari 1014 cfu/gram terdapat dalam saluran pencernaan, termasuk bakteri-bakteri patogen dan bakteri yang menguntungkan.

Sistem kekebalan tubuh mempunyai fungsi sebagai penjaga kesehatan tubuh. Sepanjang hari ia akan mengidentifikasi patogen berbahaya dan substansi-substansi asing lainnya yang ada dalam tubuh kita. Selama proses ini, sel kekebalan dan antibodi akan bekerja bersama dalam aliran darah untuk menghentikan sebaran virus dan bakteri jahat. Salah satu upaya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah dengan mengonsumsi probiotik guna menunjang metabolisme tubuh.

Fungsi bakteri probiotik adalah mengurangi bakteri patogen dalam usus, menstimulasi respons kekebalan, dan untuk menjaga kesehatan. Efek positif dari bakteri probiotik untuk mengatasi infeksi usus sudah diketahui. Oleh karena itu, sangatlah penting dipastikan probiotik dapat mencapai saluran pencernaan dalam jumlah yang memadai. Pemberian probiotik yang teratur dapat mempercepat penyembuhan diare yang disebabkan oleh infeksi kuman virus. Strain bakteri probiotik akan mengatur mikroflora usus, merintangi kolonisasi patogen, dan memindahkan bakteri patogen melalui dinding usus dan organ lain. Selain berguna untuk mencegah dan mengurangi durasi diare, mengatur mikroflora dalam usus, meningkatkan kekebalan, mencegah penyakit kulit/eksim, mencegah simptom pasien radang usus, bakteri probiotik juga diyakini bisa mengurangi sakit yang dikeluhkan penderita asma, serta mencegah kanker.

Dikutip dari Carpathian Journal Of Food Science And Technology tentang Responses Of Dendritic And Nk Cells After Multispecies Probiotic Administration In Balb/C Mice, di dapatkan hasil bahwa rerata jumlah sel dendritic pada kelompok yang mendapatkan probiotik saja secara signifikan lebih tinggi daripada kelompok control (8,67 ± 2,07 dibandingkan 6 ± 1,41). Sedangkan peningkatan jumlah sel NK juga terjadi pada kelompok-kelompok tersebut, namun peningkatannya tidak signifikan.

Dikutip dari news.unair.ac.id, respon imun bawaan pada kelompok probiotik meningkat secara signifikan dibandingkan dengan kelompok control. Hal tersebut menunjukkan pemberian probiotik dapat meningkatkan respon imun bawaan dan konsisten dengan teori bahwa sinbiotik merangsang respon imun bawaan dan adaptif mukosa.

Sumber:
Darma, Andy et al. 2019. Responses Of Dendritic And Nk Cells After Multispecies Probiotic Administration In Balb/C Mice.Carpathian Journal Of Food Science And Technology. 11(5), 29-36
Yuniastuti, Ari. 2014. Buku Monograf Probiotik Dalam Perpektif Kesehatan. Semarang: UNNES Press.

(Febriana Nur Aini dan Salma Auliya Fatimah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *