Peran Imunomodulator ditengah Pandemi Covid-19

No Comments on Peran Imunomodulator ditengah Pandemi Covid-19

 Imunomodulator

Coronavirus adalah keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit mulai dari gejala ringan sampai berat. Setidaknya terdapat dua jenis virus ini yang dapat menimbulkan gejala berat seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 merupakan virus yang baru yang belum pernah diidentifikasikan menyerang manusia pada sebelumnya. Pada tanggal 12 Maret 2020, WHO menetapkan bahwa kasus Covid-19 adalah pandemi yang artinya penyebaran penyakit ini terjadi secara global.

Pencegahan lebih baik dari pengobatan. Maka, di tengah pandemic covid-19 dibutuhkan sesuatu yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Sistem imun sendiri berperan penting dalam eliminasi antigen (virus atau bakteri) yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu upaya meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan mengkonsumsi imunomodulator. Imunomodulator merupakan suatu senyawa yang dapat meningkatkan sistem imun pada manusia. Imunomodulator dibagi menjadi tiga kelompok yaitu:

1. Imunostimulator yang berfungsi untuk memingkatkan fungsi dan aktivitas sistem imun

2. Imunoregulator artinya dapat meregulasi sistem imun

3. Imunosupresor yang dapat menghambat atau menekan aktivitas sistem imun

Beberapa tanaman obat ditemukan memiliki fungsi spesifik yaitu sebagai imunostimulator. Pemakaian tanaman obat sebagai imunostimulator memiliki fungsi utnuk menekan atau mengurangi infeksi virus dan bakteri intraseluler, untuk mengatasi imunodefesiensi atau sebagai perangsang pertumbuhan sel-sel pertahanan tubuh dalam sistem imunitas.

Salah satu contoh tanaman yang dapat digunakan sebagai imunomodulator adalah:

1. pegagan

2. bawang putih

3. temulawak

4. meniran

5. kunyit

(Chelsea Aulia R.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *