Puasa Dzulhijjah dengan segudang manfaat

No Comments on Puasa Dzulhijjah dengan segudang manfaat

Puasa atau Saum adalah menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari dengan syarat tertentu untuk meningkatkan ketakwaan sebagai seorang muslim. Puasa sendiri merupakan satu dari 5 rukun islam. Puasa dibagi menjadi 2 hukum yaitu wajib dan sunnah. Puasa Dzulhijjah sendiri merupakan puasa sunnah namun banyak faidah yang akan didapatkan jika dilaksanakan.

Hari yang mulia saat dimana datang pengempunan dosa dan pembebasan diri dari siksa neraka. Pada hari tersebut disyari’atkan amalan yang mulia yaitu puasa. Puasa ini disunahkan bagi yang tidak berhaji. Menurut riwayat Ibnu Abbas dari hadits Nabi Muhammad SAW puasa dzulhijjah memiliki banyak keutamaan diantaranya adalah :

  1. Tanggal 1 Dzulhijjah : dimana pada tanggal ini Allah mengampuni kesalahan Nabi Adam. Barang siapa yang berpuasa pada hari itu makan Allah akan mengampuni dosa-dosanya.
  2. Tanggal 2 Dzulhijjah : Allah mengabulkan do’a Nabi Yunus, sehingga Nabi Yunus bisa keluar dari perut ikan yang menenlannya. Barangsiapa yang berpuasa pada hari tersebut maka akan dapat pahala sperti pahala orang yang beribadah kepada allah selama satu tahun penuh.
  3. Tanggal 3 Dzulhijjah: Allah mengabulkan doa Nabi Zakariya. Barang siapa yang berpuasa pada hari tersebut, maka Allah mengabulkan doa-doanya.
  4. Tanggal 4 Dzulhijjah: Hari kelahiran Nabi Isa. Barang siapa yang berpuasa pada hari tersebut, maka akan dijauhkan dari kesengsaraan, kemiskinan, serta pada hari kiamat akan dikumpulkan bersama orang-orang yang mulia.
  5. Tanggal 5 Dzulhijjah: Hari kelahiran Nabi Musa. Barang siapa yang berpuasa pada hari tersebut, maka dia akan terbebas dari sifat munafik dan diselamatkan dari siksa kubur.
  6. Tanggal 6 Dzulhijjah: Hari dimana Allah memberikan kebaikan terhadap Nabi Muhammad SAW. Barang siapa yang berpuasa pada hari tersebut, maka Allah memberikan rahmat kepadanya dan tidak akan mendapatkan siksa untuk selamanya.
  7.  Tanggal 7 Dzulhijjah: Allah menutup pintu-pintu neraka jahanam dan tidak dibuka sehingga melewati hari ke 10 bulan Zulhijah. Barang siapa yang berpuasa pada hari tersebut, maka Allah akan menutup 30 kesulitan yang akan menimpanya dan membuka 30 kemudahan untuknya.
  8. Tanggal 8 Dzulhijjah: Barang siapa yang berpuasa pada hari Tarwiyah, akan mendapatkan pahala yang tak terkira dan hanya Allah semata yang mengetahuinya.
  9. Tanggal 9 Dzulhiijah: Barang siapa yang berpuasa pada hari Arafah, Allah akan menghapuskan dosa dua tahun, yaitu tahun sebelumnya dan tahun sesudahnya.

Adapun niat puasa Dzulhijjah sebagai berikut :

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَال

Artinya : “saya niat puasa sunnah Dzulhijjah karena Allah ta’ala”

Setelah dibahas tentang hari-hari yang dianjurkan untuk puasa maka dibawah ini ada pula hari yang diharamkan untuk berpuasa, yaitu  pada tanggal 10,11,12,13 Dzulhijjah.

Akan tetapi dibali kitu semua, tahukah kalian manfaat untuk kesehatan ?

Puasa tidak hanya bermanfaat secara mental, tetapi juga secara fisik. Jadi selain mendapatkan pahala kita juga bisa menjaga kesehatan. Diantaranya :

  1. Mencega peradangan : Peradangan kronis dapat meningkatkan risiko terkena penyakit yang serius, seperti kanker, rheumatoid arthritis, penyakit jantung, dan sebagainya. Penelitian pada tahun 2012 mendapati bahwa puasa dapat menurunkan zat yang memicu peradangan, mengurangi lemak dalam tubuh, dan meningkatkan sirkulasi sel darah putih (leukosit).
  2. Menurunkan kadar gula darah : Puasa dapat menurunkan kadar gula darah dan mengurangi resistensi insulin dalam tubuh. Penurunan resistensi insulin dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin dan membuat penyaluran glukosa dari pembuluh darah ke dalam sel lebih efisien. Namun, efek penurunan kadar gula darah karena puasa mungkin dapat berbeda antara pria dan wanita.
  3. Meningkatkan produksi hormon pertumbuhan : Hormon pertumbuhan merupakan hormon protein yang berperan dalam pertumbuhan, penurunan berat badan, metabolisme, dan kekuatan otot.
  4. Menurunkan berat badan : Manfaat puasa untuk kesehatan yang satu ini bukanlah lagi rahasia umum. Penelitian pada tahun 2013 menemukan bahwa puasa dapat membantu untuk menurunkan berat badan dan menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Puasa dapat menurunkan berat badan dengan mengurangi asupan kalori harian yang dikonsumsi serta meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Pada penelitian yang diadakan tahun 2011, puasa dapat menjadi cara menurunkan berat badan yang efektif namun tidak menurunkan massa otot
  5. Menjaga kesehatan jantung : penelitian pada tahun 2010 menemukan manfaat puasa untuk kesehatan jantung. Penelitian tersebut menemukan bahwa puasa dapat menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dan meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik. Bahkan pada penelitian tahun 2012, ditemukan bahwa terdapat penurunan kadar LDL dan kenaikan kadar HDL yang bertahap empat minggu setelah puasa Ramadan.

Manfaat puasa untuk kesehatan memang menggiurkan, akan tetapi terdapat juga beberapa hal yang harus diperhatikan saat berpuasa. Saat berpuasa manusia akan rentan mengalami dihidrasi, karena itu sangat perlu untuk mengkonsumsi ait sebelum mulai berpuasa agar tidak mengalami dehidrsi saat berpuasa. Selain itu saat berpuasa manusia juga akan rentan mengalami stres dan gangguan tidur. Dehidrasi, rasa lapar, dan kurang tidur dapat menyebabkan sakit kepala saat berpuasa. Namun saat mencium bau makanan atau memikirkan mengenai makanan selama berpuasa maka otak akan mengirimkan sinyal yang memicu perut untuk menghasilkan lebih banyak asam lambung. Stay safe, stay health dengan memastikan asupan nutrisi saat berbuka dan sahur. Semoga puasanya lancar .

Rizka safira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *