WEBINAR : Innovation And Development In The Field Of Analytical Chemistry

No Comments on WEBINAR : Innovation And Development In The Field Of Analytical Chemistry

webinar farmasi

Prodi Farmasi UNIDA Gontor, PHARMA News – Perubahan cuaca ekstrim maupun pola hidup yang kurang sehat mengakibatkan meningkatnya jumlah penyakit. Namun, peningkatan jumlah penyakit tidak di imbangi dengan adanya obat yang ada. Oleh karena itu diperlukan analisis bahan baku, salah satu caranya dengan memanfaatkan kimia analisis.  Kimia analisis merupakan studi pemisahan, identifikasi, dan kualitifikasi komponen kimia dalam bahan alam maupun buatan. Dalam mendukung penemuan obat baru, Program Studi Farmasi UNIDA Gontor menyelenggarakan Webinar dengan tema Innovation And Development In The Field Of Analytical Chemistry pada hari Minggu, (07/20).

Webinar ini di ikuti oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UNIDA Gontor Apt.Amal Fadholah, M.Si, Ketua Program Studi Farmasi Apt. Kurniawan, S.Si., M.Farm, segenap Dosen Farmasi UNIDA Gontor, dan seluruh Mahasiswa Program Studi Farmasi UNDIA Gontor. “Ada empat hal sumbangsih kimia analitik untuk Farmasi, pertama untuk identifikasi obat, untuk mengetahui senyawa aktif dalam bahan alam untuk mendukung penemuan obat; kedua untuk standarisasi kandungan bahan alam obat yang berkaitan tentang aktivasi dan khasiatnya; ketiga untuk mengetahui bagaimana hubungan antara struktur molekul kimia obat; dan keempat dapat digunakan untuk memperkirakan reaksi bahan obat. Sebagaimana obat halal merupakan obat yang terbebas dari sesuatu yang membahayakan, sehingga obat tidak hanya halal namun harus thayyib” Jelas Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UNIDA Gontor.

Webinar ini dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama disampaikan oleh Novy Lailatuz Zulfah, M.Sc  dan Hanim Istantik Badi’ah, M.Si dengan materi spektrofotometri dan aplikasinya. Pada sesi kedua disampaikan oleh Lu’luil Maknun, M.Sc dan Erna Fitriyani, M.Si dengan materi Voltammetry methods for simultaneous detection of dopamine and uric acid.

(Saf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *