Mengenal Dexamethasone

No Comments on Mengenal Dexamethasone

Beberapa waktu ini terdapat pernyataan dari ilmuan inggris bahwa dexamethason 9 mg dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pengobatan pada kasus covid 19 yang menggunakan ventilator atau menggunakan tabung oksingen, dapat mengurangi tingkat kematian pasien covid 19 sekitar 30 persen, tetapi untuk pasien covid 19 yang ringan obat ini tidak bermanfaat.

Hal tersebut dikarenakan dexamethason  merupakan obat untuk mengatasi anti inflamasi(peradangan), anti alergi, hormonal dan efek metabolik. Obat ini termasuk kedalam golongan obat kartikosteroid.

Peradangan pada COVID-19 dapat menyebabkan sejumlah kerusakan di paru-paru, seperti penumpukan cairan (edema paru) dan pembentukan selaput hyalin. Kerusakan inilah yang membuat pasien sesak napas dan mengalami komplikasi, misalnya ARDS atau gagal napas.

Efek Samping dan Bahaya Dexamethasone

Beberapa efek samping dexamethasone yang dapat dialami penggunanya adalah:

  1. Nafsu makan meningkat
  2. Berat badan bertambah
  3. Perubahan siklus menstruasi
  4. Gangguan tidur
  5. Pusing
  6. Sakit kepala
  7. Sakit perut

Meskipun jarang terjadi, dexamethasone juga bisa menimbulkan efek samping yang lebih serius. Segera ke dokter bila muncul gejala di bawah ini:

  1. Demam
  2. Perubahan emosi
  3. Tubuh mudah lelah
  4. Nyeri di tulang, sendi, atau otot
  5. Pembengkakan di tungkai
  6. Gangguan penglihatan
  7. Tinja berwarna hitam
  8. Jantung berdebar
  9. Kejang

Penggunaan dexamethasone untuk jangka panjang membuat penggunanya mengalami muka yang membulat seperti bulan (moon face), peningkatan kadar gula dalam darah, dan lebih rentan mengalami infeksi. Oleh karena itu, hindari berinteraksi dengan orang yang sedang sakit infeksi atau orang yang baru saja menerima vaksin.

(Khomarul Kuniyati, A.Md.Keb. )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *