Sering Terbuang, Siapa Sangka Bahwa Kulit Semangka (Citrullus Lanatus) Sangat Bermanfaat Bagi Kita, Yuk Kita Ungkap Manfaat Kulit Buah Semangka!!

No Comments on Sering Terbuang, Siapa Sangka Bahwa Kulit Semangka (Citrullus Lanatus) Sangat Bermanfaat Bagi Kita, Yuk Kita Ungkap Manfaat Kulit Buah Semangka!!

Siapa yang tidak tahu mengenai buah lokal yang satu ini? Yups Buah Semangka. Semangka termasuk dalam famili labu-labuan atau Cucurbitaceae. Tanaman buah yang tumbuh merambat ini mengandung kaya akan vitamin dan sumber fitokimia yang baik. Bukan hanya rasanya yang lezat dan segar, akan tetapi kandungan air dalam semangka mencapai 91%-92%. Selain itu, Semangka juga mengandung vitamin A, vitamin C, magnesium, dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Akan tetapi sangat disayangkan , banyak orang yang hanya menikmati daging buahnya saja dan membuang bagian kulitnya. Ternyata, setelah banyak yang meneliti dari para ilmuan kesehatan bahwasannya ditemukan ragam manfaat yang terdapat didalam kulit buah semangka.

Kulit buah semangka yang hanya pada awalnya kita kira hanya sebagai sampah ternyata banyak memiliki kandungan gizi yang tinggi sama seperti daging buah semangkanya. Kulit buah semangka sendiri mengandung sitrulin 60% atau 2,4 mg/g berat kering. Sitrulin sendiri merupakan molekul bioaktif yang penting dalam berbagai kondisi baik fisiologis maupun patologis.

Apa sajakah manfaat kulit buah semangka itu?

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Selain mengkonsumsi daging buah semangka, mengkonsumsi kulit semangka sekaligus juga dapat mengurangi tekanan darah. Hal ini dikarenakan kandungan citruline yang terdapat pada buah semangka, terutama pada bagian kulit semangka yang berwarna putih telah terbukti dapat meningkatkan fungsi arteri dan juga dapat menurunkan tekanan darah yang membantu pembuluh darah rileks sehingga membuka sirkulasi pada darah.

  • Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Selain dapat menurunkan tekanan darah, kulit buah semakangka juga dapat menjaga kesehatan kulit wajah. Seperti halnya serum wajah pada industri kecantikan, kulit semangka juga mampu meremajakan kulit wajah, menghilangkan noda pada wajah, serta kerutan maupun bintik pada wajah akibat penuaan. Hal tersebut karena kulit buah semangkat banyak mengandung flafonoid, likopen dan antioksidan yang ampuh dalam menurunkan efek radikal bebas dan oksidatif serta terpenoid yang ampuh untuk menhilangkan jerawat.

  • Dapat Mengurangi Rambut Rontok

Ini yang wajib kamu ketahui , kulit buah semangka juga kaya akan vitamin C yang dapat mengatasi kerontokan pada rambut. Cara penggunaan kulit buah semangka sebagi masker rambut yaitu dengan cara kulit buah semangka dikerok menggunakan sendok, kemudian dihancurkan, busa juga ditambahkan dengan susu full cream,karena lemak yang terdapat dalam susu tersebut sangat baik untuk menjaga kelembapan rambut.

  • Menjaga Kesehatan Saluran Cerna

Masalah kesehatan saluran cerna sering dialami banyak orang seperti konstipasi, kanker usus, dan diare, hal ini dapat diatasi dengan serat kulit buah semangka karena kulit buah semangka mengandung serat yang cukup banyak untuk kesehatan tubuh dan juga dapat membantu seseorang yang menjalani diet sehat. Hal itu dikarenakan serat kulit kulit buah semangka memiliki serat yang mampu membuat perut terasa kenyang lebih lama dan baik bagi tubuh.

Referensi :

  1. Kurniawati, Iin, “PENGARUH JUS SEMANGKA (CITRULLUS VULGARIS) TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI DI DESA MUARA JEKAK “ universitas tanjung pura ,Pontianak,2018, hal. 2
  2. Prima, Nadia , “PENGARUH PENGGUNAAN MASKER BUAH SEMANGKA TERHADAP KULIT WAJAH KERING” ,Universitas Negeri Padang, Padang, 2017, hal.  4
  3. Kartika, Lia Dwi,“ PENGARUH PERBEDAAN VOLUME EKSTRAK LAPISAN PUTIH BUAH SEMANGKA  (Citrullus vulgaris Schrad) TERHADAP SIFAT ORGANOLEPTIK KOSMETIK HAIR TONIC” e-Journal. Volume 03 Nomor 03 Tahun 2014, Edisi Yudisium Periode Oktober 2014, Hal  105-109
  4. Ismayanti dkk, “KAJIAN KADAR FENOLAT DAN AKTIVITAS ANTIOSIDAN JUS KULIT BUAH SEMANGKA (Citrullus Lanatus)”, Online Jurnal of Natural Science, Desember 2013, Vol 2(3) : 100-110

(Ni’ma Chusna Umniyah )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *