Herbal Plants In The Qur’an And Scientific Evidence As Medicine

No Comments on Herbal Plants In The Qur’an And Scientific Evidence As Medicine

Tumbuhan obat adalah sejenis makhluk hidup yang tumbuh dan mempunyai fungsi untuk menyembuhkan penyakit. Al-Qur’an menegaskan bahwasannya tumbuhan adalah anugerah khusus yang Allah berikan kepada manusia. Bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai obat adalah bagian daun, batang, akar, rimpang, bunga, buah dan bijinya, sebagaimana yang tercantum dalam QS. Al-Syu‘ara[26]: 7.

أَوَ لَمۡ يَرَوۡاْ إِلَى ٱلۡأَرۡضِ كَمۡ أَنۢبَتۡنَا فِيهَا مِن كُلِّ زَوۡجٖ كَرِيمٍ كَرِيمٍ

Artinya: “Dan apakah mereka tidak memperhatikan bumi, betapa banyak Kami tumbuhkan di bumi itu berbagai macam pasangan (tumbuh-tumbuhan) yang baik?”

Sedangkan pengobatan dalam islam terdapat dalam hadits berikut. Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

مَا أَنْزَلَ اللهُ دَاءً إِلَّا أَنْزَلَ لَهُ شِفَاءً

“Apabila Allah menurunkan penyakit, Dia pasti menurunkan obatnya” (HR. Bukhari).

Kaidah pengobatan penyakit terdiri dari menjaga kesehatan, melindungi diri dari hal-hal yang menimbulkan penyakit, dan mengeluarkan unsur-unsur yang merusak badan. Adapun prinsip-prinsip pengobatan dalam Al-Qur’an adalah tidak berobat dengan zat yang diharamkan, berobat pada ahlinya, dan tidak menggunakan mantra atau sihir.

Adapun bahan-bahan obat yang disebutkan dalam Al-Qur’an:

1. Madu

Madu disebutkan dalam Al-Qur’an Surah An-Nahl ayat 69 yang artinya, “Kemudian makanlah dari tiap-tiap macam buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan bagimu. Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.”

Khasiat yang dimiliki madu adalah membersihkan kotoran yang terdapat pada usus, pembuluh darah, menetralisir kelembaban tubuh baik dikonsumsi atau dioleskan, meningkatkan pertumbuhan bakteri menguntungkan serta menghambta bakteri yang merugikan, efektif dalam perbaikan sistem pencernaan, membantu penyerapan kalsium, sebagai antioksidan, aman untuk penderita diabetes, mempercepat penyembuhan luka.

2. Air

Air diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti penyakit jantung, rematik, keruskan kulit, penyakir saluran nafas, usus, penyakit kewanitaan, dan bahkan penyakit stroke. Jika seseorang mandi dipagi hari dengan air, maka peredaran darahnya menjadi lebih baik sehingga tubuh terasa lebih bugar, produksi sel darah putih dalam tubuh meningkat, begitu pula hormoh testosteron dan esterogen juga meningkat, serta memberikan kekebalan terhadap virus.

3. Buah Tin dan Zaitun

Manfaat buah zaitun diantaranya yaitu mengurangi ateriosklerosis, mengurangi serangan kanker, dan mengurangi kolestrol berbahaya tanpa mengurangi kolestrol bermanfaat.

Sedangkan manfaat buah tin diantaranya yaitu mengatasi sembelit, mengurangi berat badan, menjaga kadar kolestrol normal, mencegah kanker usus, menguatkan tulang, meredakan nyeri tenggorakan, mengatasi anemia,serta meningkatkan daya kekebalan tubuh.

4. Buah Kurma dan Anggur

Artinya : dan dari buah kurma dan anggur, kamu buat minuman yang memabukkan dan rezki yang baik. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang memikirkan.

Didalam buah kurma matang mengandung gula kurang lebih 80%, kandungan lainnya seperti protein, lemak, mineral, zat besi, zat magnesium serta asam folat.

Sehingga, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengobatan merupakan suatu penanganan untuk menyelamatkan diri dari penyakit atau benda asing yang mempengaruhi tubuh. Islam tidak melarang bagi seseorang untuk melakukan pengobatan jikalau menderita penyakit, melainkan menganjurkan untuk melakukan pengobatan, cara pengobatan menurut islam sangatlah banyak, salah satunya berobat dengan Al-Qur’an, karena di dalam Al-Qur’an lah terdapat obat dan cara-cara pengobatan yang telah di ajarkan oleh nabi Muhammad SAW. Dan di dalam Al-Qur’an telah terbukti kebenaran dan keampuhannya.

(Kajian Islamisasi Farmasi Angkatan 2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *