Yuk! Meraih Kesuksesan Dari Kegagalan

No Comments on Yuk! Meraih Kesuksesan Dari Kegagalan

Dalam kehidupan ini mungkin kita perlu menghapus kata “sempurna” dan menerima bahwa kita adalah manusia yang tidak sempurna bahkan tidak akan pernah menjadi sempurna.Menurut John W.Gardner “life is the art of drawing without an eraser”. Kehidupan adalah sebuah seni tanpa kita dapat menghapus apa pun yang sudah terjadi dalam hidup kita,terutama kegagalan dan pengalaman buruk.Karena tidak dapat dihapus itulah,dalam menjalani sebuah kehidupan kita harus memiliki banyak pertimbangan untuk dapat menghindari kesalahan dan dapat berdamai dengan kegagalan.

            Kegagalan adalah sesuatu yang mutlak,siapapun akan mengalami kegagalan ketika sedang berusaha untuk mencapai sesuatu,sekalipun telah memiliki rencana yang sempurna.memiliki rasa takut akan gagal itu baik,Karena rasa akan takutnya gagal akan membuat kita terus berjalan,sehingga kita akan terus terjaga dengan merencanakan,berfikir,dan terobsesi dengan apa yang perlu kita lakukan untuk menjadi sukses.

            Kegagalan juga adalah guru hebat dalam kehidupan.Tanpa adanya kegagalan,kita akan kurang memahami arti belas kasih,empati,kebaikan,dan pencapaian. Walaupun terkadang kegagalan membuat kita berfikir negatif,bahwa kegagalan itu menyakitkan dan menyebabkan kekacauan emosi,kesal,rasa bersalah,penyesalan,dan penyesalan yang menyakitkan.Namun bagi mereka yang memahami arti dari kegagalan sejati dan telah bangkit darinya akan memahami bahwa kegagalan dalam hidup diperlukan untuk kesuksesan dan orang orang yang paling sukses dalam hidup telah mengalami paling banyak kegagalan dalam hidupnya.

5 cara tetap termotivasi setelah gagal sehingga dapat bangkit kembali sesegera mungkin :

  1. Meluangkan waktu pada diri kita untuk menyembuhkan secara emosional

Kegagalan memang suatu hal yang sulit diterima,menyakitkan,membuat kita

sangat terpuruk sehingga kita tidak tahu lagi harus bagaimana memulainya kembali,,dan kita tidak bisa mengatasinya hanya dalam sehari.Jadi ketika kita baru saja mengalami suatu kegagalan seperti gagal ujian masuk perguruan tinggi,gagal interview saat melamar pekerjaan,gagal dalam percintaan,dan lain lain.Beristirahatlah sebentar hingga merasa lebih baik sehingga yakin dan siapuntuk mencoba lagi,walaupun hidup memang tidaklah mudah dan tidak dapat kita kendalikan

  • Belajar dari kegagalan

            Hal yang terbaik untuk dilakukan setiap kali gagal adalah belajar dari kegagalan kita agar tidak melakukan kesalahan yang sama di kemudian hari.Jangan jadikan kegagalan sebagai alasan kita untuk menyerah dan property penghenti mimpi.Tapi jadikanlah kegagalan sebagai acuan motivasi kita untuk mencoba sekali lagi tanpa membuat kesalah yang sama. Kegagalan membuat kita memiliki kesempatan yang unik untuk melihat strategi dan metode yang sesuai sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.

  • Mensupport diri sendiri

Ketika kita gagal,naluri alami akan mengalahkan diri sendiri.Kadang Support yang harus kita dapatkan adalah dari diri sendiri sehingga kita mampu untuk menghadapi kegagalan.Ketika kita lebih memilih menjadi sengsara,akan jauh lebih sulit untuk bangkit dari kegagal.Namun jika kita mensupport diri kita dan menolah pikir positif,maka kita dapat melanjutkan setiap kegagalan tanpa kehilangan antusiasme dan dorongan,karna pola piker positif akan mengarah pada hasil yang positif,begitu juga sebaliknya.

  • Terus maju dan pikirkan apa tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya

Ketika kita ingin sukses dalam hal apapun,ingatkan pada diri kita sendiri ketika kita mendapatkan rintangan “saya akan gagal beberapa kali untuk mencapai titik tersebut” dan ketika kita mengacaukan hidup kita dengan kegagalan,jangan terjebak,kita harus menekan maju dan mencari tahu tindakan selanjutnya,karena kita masih bisa mencoba lagi lebih baik dari sebelumnya.

  • Abaikan perkataan oranglain dan kelilingi dengan orang orang dengan positif

Kita harus menerima bahwa orang suka bergosip.beberapa orang menunjukkan kegagalan orang lain jika hanya untuk meningkatkan persepsi tentang diri mereka sendiri. Abaikan apa yang dipikirkan atau diktakan orang tentang kegagalan.Dan carilah orang orang yang positif,yang dapat mendorong untuk bangkit kembali dari kegagalan,karena kepositifan dan optimisme akan memberi motivasi dan keyakinan untuk berhasil.

            Meskipun kegagalan bisa menyakitkan dan kita tidak menyuikainya,kegagalan benar benar memungkinkan kita untuk membuka potensi besar.Ttapi untuk melakukannya kita harus mengubah pola pikir tentang kegagalan.Ketika kita berfikir kegagalan sebagai sesuatu yang merusak,kita harus mengubah fikiran kita bahwa kegagalan sebagai alat untuk sukses,alat yang membantu kita memperbaiki jalur dan mempelajari apa yang berhasil dan apa yang tidak berhasil.

Rizka Desti /Ed. Alma Farah Lutfiyani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *