Potensi Buah Kelapa Muda Untuk Kesehatan

No Comments on Potensi Buah Kelapa Muda Untuk Kesehatan

Buah kelapa muda merupakan salah satu produk tanaman tropis yang unik karena dagingnya dapat langsung dikonsumsi apalagi air dari buah itu dapat langsungb diminum tanpa ada pengelolahan terlebih dahulu. Buah kelapa muda ini memiliki kompisi gizi yang cukup tinggi yang dimana didalamnya mengandung asam lemak dan asam amino sensual yang sangat di butuhkan dan bermanfaat bagi tubuh. Sedangkan air kelapa selain diminum didalamnya juga mengandung berbagai vitamin dan gula serta asam amino ensial oleh karena itu dapat dikatagorikan dengan minuman ringan bergizi tinggi dan dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Penanganan buah kelapa kelapa selain dipanen tidak jauh berbeda seperti tanaman hortikula yang dimana untuk memperttahankan mutunya dilakukan penanganan pasca panen seperti cara pengolahan, pengawetan, peng emasan maupun penyimpanan. Adapun khasiat minum air kelapa muda, minuman ini termasuk minuman yang alami dan higienis serta memiliki komposisi gizi yang cukup tinggi. Dengan itu meminum air kelapa muda selain dapat mengatasi rasa haus dapat juga mengurangi rasa lapar dalam jangka beberapa waktu.Air kelapa muda ini juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti membunuh cacing perut, minuman yang baik bagi penderita kolera, mengurangi gatal-gatal yang disebabkan oleh penyakit cacar dan berbagai penyakit kulit lainnya. Hal ini disebabkan secara alami karena air kelapa muda mempunyai komposisi gula dan mineral yang cukup sempurna sehingga memiliki keseimbangan elektrolit yang seimbang dengan cairan di dalam tubuh.

Selanjutnya air kelapa muda ini memiliki kalsium yang cukp tinggi mencapai 7.300 mg/1. Dengan itu air kelapa muda berperan penting dalam meningkatkan frekwensi dalam buang air kecil dan membantu mengeliminasi obat-obat dan antibody-antibodi lain yang biasanya digunakan pada kasus-kasus infeksi. Selain itu membantu mempercepat konsentrasinya dalam darah dan juga sebagai penangkal penyakit-penyakit yang disebabkan oleh kecanduan alcohol dan merokok.Pengembangan buah kelapa muda yang sudah diawetkan dapat dilaksanakan petani, karena prosesnya singkat dan mudah dilaksanakan, hanya saja harus disimpan pada suhu rendah sekitar 10oC. Oleh karena itu lebih sesuai bila penjualan disalurkan di pasar swalayan yang memiliki lemari pendingin yang besar, sehingga buah kelapa muda awet produksi dalam negeri dapat sejajar dan bersaing dengan buah impor.

PERSPEKTIF- volume 3 nomor 2, Desember 2004 : 46 -60

(Stevania Bunga Madaniah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *