Asesmen Lapangan Daring Program Studi Farmasi Tahun 2020

No Comments on Asesmen Lapangan Daring Program Studi Farmasi Tahun 2020

Program Studi Farmasi memiliki Visi “Menjadi program studi farmasi yang bermutu dan unggul dalam Perguruan Tinggi pesantren yang berorientasi pada islamisasi ilmu pengetahuan dan teknologi kontemporer untuk kesejahteraan umat manusia”

Program Studi Farmasi Universitas Darussalam Gontor melakukan Asesmen Lapangan (penilaian akreditasi) secara daring (dalam jaringan) oleh Tim Asesor LAM PT-Kes, Dr.rer.nat. Nanang Fakhrudin, M.S.i., Apt. dan Dr.rer.nat. Sophi Damayanti, M.Si., Apt.

“Penilaian akreditasi lapangan daring tersebut, dilaksanakan selama dua hari, Selasa- Rabu pada tanggal 24-25 November 2020,  Ungkap apt. Amal Fadholah, S.Si.,M.Si selaku Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Darussalam Gontor

Pada hari pertama ALD dihadiri oleh  Asesor, seluruh civitas akademik Program Studi Farmasi, Biro-biro UNIDA Gontor  turut hadir pula   Wakil Rektor III.  ALD LAM PT-Kes  diawali dengan acara pembukaan, pada kesempatan itu selain para asesor,  Wakil Rektor III UNIDA Gontor, Al-Ustadz Dr. Abdul Hafidz Zaid, Lc. M.A. turut memberikan sambutannya. Dalam sambutannya Al-Ustadz Dr. Abdul Hafidz Zaid, Lc. M.A mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para asesor yang memberikan waktu untuk membimbing dan mengarahkan Prodi Farmasi Unida Gontor sehingga Prodi Farmasi dapat semakin maju.

Baca juga : Hari ini Asesmen Lapangan Daring Prodi Farmasi UNIDA Gontor dimulai

Usai pembukaan acara kemudian dilanjutkan dengan proses verifikasi borang III A dan III B dari jam 09.45 – 15.00 , terdapat tujuh standar yang ditinjau sebagai dasar penilaian, meliputi (1) Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, Serta Strategi Pencapaian (2) Tata Pamong , Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan dan Penjaminan Mutu (3) Kemahasiswaan dan Lulusan (4) Sumber Daya Manusia (5) Kurikulum, Pembelajararan dan Suasana Akademik. (6) Pembiayaan, Prasarana, Sarana dan Sistem Informasi (7) Penelitian, Pelayanan/Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Kerjasama. Setelah proses verifikasi borang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan seluruh civitas akademik Prodi Farmasi UNIDA Gontor  yang terdiri dari Dosen, Tendik, mahasiswa, alumni dan juga stake holder. Pada kesempatan ini prodi farmasi menghadirkan 2 perwakilan stake holder yaitu  Muhammad Aulia Rifada (CEO PT. Nanotech Natura Indonesia ) dan apt. Aprida Dwi Kusuma S.Farm (Apoteker RSIA Arvita Bunda Yogyakarta). Pada sesi ini beertujuan untuk melakukan konfirmasi harapan, kepuasan atau masukan dari stakeholder.

Pada hari Kedua proses ALD dilanjutkan dengan penilaian proses pembelajaran  tutorial, skill llab, laboratorium, termasuk penilaian sarana dan prasarana yang ada di Prodi Farmasi UNIDA Gontor. dan juga beberapa sesi sesuai dengan rundown yang telah diberikan oleh tim LAM PT-Kes .

Mohon doa agar akreditasi dapat berjalan lancar dan mendatangkan barakah baik bagi Prodi Farmasi dan UNIDA Gontor khususnya, serta bagi seluruh seluruh stake holder UNIDA Gontor pada umumnya.

( Fitria Lusiyanti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *