Meluangkan Waktu Untuk Membaca Al-Quran, Bukan Menunggu Adanya Waktu Luang

No Comments on Meluangkan Waktu Untuk Membaca Al-Quran, Bukan Menunggu Adanya Waktu Luang

Ayo Senyum ^^ — Jika cinta harus sebegitu besarnya diperjuangkan,...

Ingatlah hanya dengan mengingat Allah-lah hati kita menjadi tenang dan tentram,

Wahai Saudara ku…..

            Jangan karena kesibukan dan banyaknya kegiatan menjadikan kita lupa untuk membaca dan mentadaburi Al-Quran, dan bahkan, iri terhadap mereka yang telah mengamalkan Al-Quran, dianjurkan.

            Dari ibnu Ummar radiallahu’anhu yang meriwayatkan dari Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi wassallam bahwasanya “Tidak berlaku iri kecuali terhadap dua orang, seseorang yang di anugerahi Allah Al-Quran lantas dia mengamalkannya sepanjang malam dan sepanjang siang dan seseorang yang dianugerahi Allah harta  lantas dia menginfaqkanya sepanjang malam dan sepanjang siang.”(HR.Bukhari dan Muslim)

Wahai Saudaraku…

            Jangan sampai waktu kita tidak ada sedikitpun untuk membaca atau mentadaburi Al-Quran. Berusahalah, walaupun hanya sedikit di waktu yang tersisa. Bacalah sebelum tidur dan sebelum malam berubah menjadi fajar, tanda bergantinya hari dan tangisiah diri dan hatimu yang sering lalai dan abai memperhatikan SURATCINTA dari TUHAN PENCIPTAMU..!!!

            Banyak sekali mushaf-mushaf yang memudahkan kita untuk membaca Al-quran, terhindar dari bacaan yang salah, tajwidnya yang salah dan kita pun bisa langsung membaca tafsirnya lanngsung di dalam mushaf yang kita punya, Apakah dengan kemudahan-kemudahan itu kita masih enggan untuk membaca ayat-ayat Allah ?… Maka istighfarlah “Astaghfirulah…Jangan sampai kita menjadi orang yang hari-harinya berlalu tanpa membaca Al-Quran.

            Nabi Shalallahu’alaihi wassalam memerintahkan untuk membaca Al-Quran, dengan bentuk perintah yang bersifat mutlak. Sehingga membaca Al-Quran diperintahkan pada setiap waktu dan di setiap kesempatan. Lebih di tekankan lagi pada bulan ramadhan. Nanti pada hari kiamat, Allah SWT akan menjadikan pahala membaca  Al-Quran sebagai suatu yang berdiri sendiri, datang memberikan syafa’at dengan izin Allah kepada orang yang rajin membacanya.

Sebagian orang malas membaca AL-Quran karena merasa tidak mempunyai waktu luang,  padahal Rasulullah shalallahu’alaihiwassalam bersabda : “Bacalah oleh kalian AL-Quran. Karena ia (Al-Quran) akan datang pada hari kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya .”[HR.Muslim]

Sebagian orang mallas membaca AL-Quran ,padahal  di dalamnya terdapat petunjuk untuk hidup dan bekal di dunia,

(ذَالِكَ الكِتَا بُ لاَ رَيبَ فِيهِ هُدًى لِلْمُتَّقِنَ (البقرة : 2)

“Inilah kitab yang tidak ada keraguan di dalamnya, petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa..,” (Al-Baqarah: 2)

Sebagian orang merasa tidak sanggup belajar Al-Quran karena sulit katanya, padahal Rasulullah  shalallahu’alaihi wassalam berkata, ”Orang yang membaca AL-Quran dengan terbata-bata karena susah, akan mendapat dua pahala” (HR.Bukhari dan Muslim).

Sahabatku…

Maka jangan lah kalian menunggu waktu luang untuk membaca Al-Quran, karena terkadang itu akan melalaikan kita dan membuat kita untuk terus beralasan dengan kegiatan-kegiatan yang kita lakukan,

Jadi…, yuuk..!!! kita luangkan waktu untuk membaca Al-Quran meski sekedar surat-surat pendek yang kita hafal.

(MUSHANDI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *