Obat Alternatif dan Pengaturan Pola Makan

No Comments on Obat Alternatif dan Pengaturan Pola Makan

Pola makan dan gaya hidup yang sehat itu sangat mendukung dalam mewujudkan tujuan yaitu menciptakan kehidupan yang lebih baik. Makanan yang kita konsumsi harus berasal dari makanan yang baik untuk tubuh kita, baik dari sisi kehalalan maupun gizi. Karena makanan yang kita konsumsi akan mempengaruhi kerja organ tubuh, pertumbuhan jasmani dan otak selain itu makanan harus seimbang, sederhana,dan tidak berlebihan. Lambung cukup diisi dengan 1/3 makanan, 2/3 untuk minuman dan udara.

Allah berfirman :

يآأَيُهاَالنّاَسُ كُلُوامِمّاَفِي الأَرضِ حَلَلاً طَيِّباً وَلاَ تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَيْطَانِ ج إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِين (198)

“Wahai seluruh manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat dibumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah syaitan, sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.” (Q.S. Al-Baqarah(2):168)

Warga Esseni di Palestina sering menyebut pola makan dengan istilah Food Combining, yang pada sekitar ± 2000 tahun lalu belum pernah mengenal istilah ini. Berjalannya waktu pola makan sehat ini dipopulerkan seorang ahli bedah ternama yaitu William Howard Hay pada tahun 1920 di negara Amerika Serikat yang terkenal dengan “Hay System Diet”. Dr. Hay sendiri merupakan pasien yang memiliki penyakit kronis seperti ginjal,darah tinggi,dan pembengkakan jantung. Beliau berusaha mencoba melakukan pola makan sehat tersebut selama beberapa bulan dan hasilnya tubuhnya berangsur sehat seperti semula.

Memiliki pola makan yang sehat dan benar maka akan berdampak pada efektifitas kinerja seseorang. Sehingga melalui perkembangan penelitian selanjutnya maka metode tersebut dapat dikatakan berhasil mengatasi tingkat kesembuhan dalam diri seorang pasien yang memiliki tingkat komplikasi penyakit cukup serius. Gangguan metabolism tubuh terjadi jika pola makan tidak sesuai dengan cara kerja system pencernaan. Adapun tujuan adanya pengaturan pola makan adalah mengurangi timbunan lemak dan toksik serta mencegah gangguan pencernaan. Pada saat manusia mampu mengatur pola makannya maka muncul perpindahan kebiasaan masyarakat yang mulanya sangat bergantung dengan obat-obatan medis lalu mencoba untuk mengkonsumsi makanan yang bersifat alami (herbal) yang dapat membantu penyembuhan penyakit yang diterima.

Inti dari pengaturan pola makan mencangkup 3 hal:

  1. Mengkonsumsi makanan segar dan alami dan menjauhi makanan yang telah diproses.
  2. Menjaga keseimbangan asam-basa tubuh.
  3. Tidak memerlukan takaran konsumsi makanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *