ORIENTASI PENGENALAN KAMPUS (OSPEK) PROGRAM STUDI FARMASI UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR KAMPUS MANTINGAN

No Comments on ORIENTASI PENGENALAN KAMPUS (OSPEK) PROGRAM STUDI FARMASI UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR KAMPUS MANTINGAN

Mahasiswa baru sebagai bagian dari sivitas akademika Perguruan Tinggi memerlukan pengenalan dan pengetahuan akademik dalam segala aspeknya, agar proses pendidikan dan pembelajaran dapat berlangsung secara efektif, efisien, dan berhasil guna. Sebagai warga baru sivitas akademika yang tengah berada pada masa transisi dari dunia SMA/KMI menuju dunia akademik, mahasiswa perlu dibekali dengan seperangkat pemahaman dan pengetahuan baik teoritis maupun praktis agar mereka memiliki kesiapan untuk memasuki dunia akademis yang jauh berbeda dengan kehidupan ketika di bangku SMA/KMI.

Atas dasar pemikiran di atas itu, Program Studi Farmasi UNIDA Gontor mengadakan OSPEK (orientasi pengenalan kampus) dengan merujuk kepada Panduan Umum Ospek Kepmendikbud No. 0125/U/1979 dan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 38/DIKTI/Kep/2000. Kegiatan OSPEK ini, diikuti oleh 80 mahasiswi baru, dosen dan tendik yang berjumlah 24 orang beserta panitia yang berjumlah 32 orang.

Pelaksanan kegiatan dilakukan selama 3 hari, dimulai dari tanggal 9-11 Juni 2021 di Aula Laboratorium Farmasi lantai 3. Terdapat 5 materi yang disampaikan pada kegiatan OSPEK ini yaitu pengenalan prodi dan fakultas, penjelasan tentang kurikulum, SKS, HMF As-Shaydalah dan PKM yang disertai dengan diskusi dan presentasi, sharing pengalaman alumni farmasi UNIDA pertama, dan kode etik mahasiswi. Setelah semua materi disampaikan diadakan acara Halal Bi Halal dan olahraga bersama seluruh mahasiswi farmasi UNIDA untuk mempererat tali silaturahmi antara semua mahasiswi dan dosen farmasi.

Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi yang berbasis pesantren, dimana menjadi pelopor dari perguruan tinggi pesantren yang tidak hanya mendidik dan mengajarkan ilmu agama saja, tetapi juga mendidik dan mengajarkan ilmu pengetahuan umum (science) dan juga mengislamisasi ilmu pengetahuan termasuk ilmu farmasi.

Program Studi Farmasi UNIDA (As-Shaydalah) merupakan program studi farmasi yang bermutu dan unggul dalam Perguruan Tinggi pesantren yang berorientasi pada islamisasi ilmu pengetahuan dan halal research, serta teknologi kontemporer untuk kesejahteraan umat manusia sehingga akan melahirkan alumni-alumni sukses yang berakhlaqul karimah dan kompeten dalam bidang thibbunnabawi, pengembangan produk bahan alam, teknologi formulasi obat, penemuan produk bioteknologi, dan pengawasan mutu obat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *