Mengupas Singkat Cuplikan Hidup Mus Musculus

No Comments on Mengupas Singkat Cuplikan Hidup Mus Musculus


Fase hidup Mus Musculus

Di dalam fase kehidupan mencit, terdapat sebuah fakta menarik yang membumbuhi sebuah sanksi hidup seekor mencit putih. Romansa hidup hewan coba menjadikan sebuah penelitian menjadi latar belakang yang menjadikannya menarik. Dalam farmakologi dituntut untuk mengerti dinamika siklus anatomi, fisiologi, dan farmakologi dalam tubuh hewan coba. Misalnya pada mus musculus sendiri.

Mus musculus betina pada saat mengalami kopulasi akan membentuk vaginal plug secara alami untuk mencegah terjadinya kopulasi kembali. Vaginal plug akan terjadi selama 24 jam. Masa bunting pada mus muscular sekitar 19-21 hari dan beranak sebanyak 4-13 ekor (rata-rata 6-8). Satu Mus musculus betina dapat beranak sekitar 5-10 kali per tahun, sehingga populasinya meningkat dengan sangat cepat. Musim kawin terjadi setiap tahun. Mus musculus yang baru lahir buta dan tidak berambut. Rambut mulai tumbuh tiga hari setelah kelahiran dan mata akan terbuka 1-2 minggu setelah kelahiran. Mus musculus betina mencapai matang seksual sekitar 6 minggu dan Mus musculus jantan sekitar 8 minggu, tetapi keduanya dapat dikawinkan minimal setelah berusia 35 hari.

Pertumbuhan pada mencit sendiri termasuk proses yang kompleks dan tidak dapat didefinisikan secara sederhana, karena tidak hanya meliputi peningkatan ukuran saja tetapi juga merupakan peningkatan berat badan (bobot hidup), komposisi tubuh, termasuk perubahan komponen-komponen tubuh seperti otot, tulang dan organ-organ lainnya. Yang terpeting dalam siklus hidup mus musculus yakni pemeliharaan dengan pencahayaan alami, alas kendang yang diberi sekam dan diganti setiap harinya, serta makan dan minum secara ad libitum selama pemeliharaan. Selain itu faktor lingkungan seperti temperature dan kelembaban yang homogen dan kosntan juga mempengaruhi pertumbuhan hewan ini.

(Nidya Rahma Kumala)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *