Mengenal Lebih Dalam Anatomi Mus Musculus

No Comments on Mengenal Lebih Dalam Anatomi Mus Musculus


Berah organ untuk mengetahui anatomi pada mencit

Universitas Darussalam Gontor Putri Kampus Mantingan lewat jendela Program Studi Farmasi telah mengajarkan banyak hal tentang sebuah ilmu hidup pun jua ilmu wawasan yang luas. Pada praktikum farmakologi anatomi dikenalkan secara langsung dan detail melalui bedah organ mencit. Pembedahan dilakukan dengan anestesi terlebih dahulu, setelah dirasa mencit dalam keadaan tidak sadar pembedahan pun dilakukan.

Mengupas Singkat Cuplikan Hidup Mus Musculus

Pembedahan hewan coba dimulai dengan memposisikan hewan coba pada papan bedah. Kaki hewan coba ditusuk menggunakan jarum pentul pada papan bedah sehingga meminimalkan pergerakan hewan coba. Pembedahan dimulai dengan membuka atau merobek kulit abdomen secara lateral, kemudian diikuti dengan merobek kulit abdomen ke arah superior (menuju kepada hewan coba). Bagian abdomen dibuka secara perlahan dan dikondisikan kulit abdomen tetap terbuka menggunakan bantuan jarum pentul.

Anatomi organ pada tubuh mencit memiliki persamaan yang serupa dengan manusia. Persamaan ini terdapat pada organ pencernaan yang terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus, dan anus. Begitu pula pada organ pernafasan seperti paru-paru yang terdiri dari paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Selain itu organ vital lain yang serupa yakni ginjal, dan pankreas. Hal ini menjadikan opsi pilihan yang menjadikan alasan mencit digunakan sebagai salah satu hewan coba pada praktikum farmakologi.

(Sarah Aulia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *