Pelatihan Spektrofotometri UV-Vis Shimadzu UV-1900i dan HPLC Shimadzu LC-20AD untuk Meningkatkatkan Kualitas Dosen dan Laboran

No Comments on Pelatihan Spektrofotometri UV-Vis Shimadzu UV-1900i dan HPLC Shimadzu LC-20AD untuk Meningkatkatkan Kualitas Dosen dan Laboran

Laboratorium Terpadu Fakultas Ilmu Kesehatan UNIDA Gontor Kampus Mantingan menyelenggarakan pelatihan untuk aplikasi dua instrumen baru. Instrumen tersebut adalah Spektrofotometri UV-Vis Shimadzu UV-1900i dan HPLC Shimadzu LC-20AD. Pelatihan diadakan secara hybrid, online dengan zoom meeting dan on site. Pelatihan diikuti oleh seluruh dosen dan laboran Fakultas Ilmu Kesehatan.

Pelatihan yang pertama adalah penggunaan Spektrofotometer Uv-Vis. Spektrofotometer merupakan alat untuk mengukur transmitan atau absorban suatu sampel sebagai fungsi panjang gelombang. Energi cahaya ditransmisikan, direfleksikan, atau diemisikan sebagai fungsi dari panjang gelombang. Spektrofotometer UV-Vis (Ultra Violet-Visible) merupakan spektrofotometer yang digunakan untuk pengukuran di daerah ultra dan daerah tampak. Serapan cahaya UV atau cahaya tampak mengakibatkan transisi elektronik, yaitu promosi elektron-elektron dari orbital keadaan dasar yang berenergi rendah ke orbital keadaan tereksitasi berenergi lebih tinggi. Detektor dapat mengukur intensitas cahaya yang dipancarkan secara tidak langsung cahaya yang diabsorbsi.

Spektrofotometer UV-1990i merupakan tipe spektrofotometer dengan model double beam atau sinar ganda. Spektrofotometer tipe ini memberikan keseimbangan sempurna antara kinerja dan kegunaan, dengan resolusi tinggi, cahaya menyimpang rendah, fungsi pemindaian ultra-cepat, dan interface yang mudah digunakan. Alat ini dapat digunakan tanpa PC atau menggunakan PC dengan software LabSolutions UV-Vis. Mode pengukuran termasuk fotometrik, spektrum, kuantisasi, kinetika, kursus waktu dan bio-metode. UV-1900i memiliki mikrosel sehingga cocok untuk pengukuran volume mikro untuk biologi molekuler. Software LabSolutions UV-Vis memungkinkan pengguna mendapatkan hasil maksimal dari instrumen dalam hal akuisisi data dan analisis.

Pelatihan kedua adalah penggunaan HPLC (High Permormance Liquid Chromatography). Kromatografi adalah teknik untuk memisahkan campuran zat menjadi komponen atau senyawa atas dasar struktur molekul dan komposisi molekul. HPLC melibatkan fase diam berupa padatan seperti silica dan fase gerak atau cairan. Fase gerak mengalir melalui fase diam dan membawa komponen campuran tersebut. Komponen sampel akan melalui kolom yang menampilkan interaksi kuat dengan fase diam akan bergerak lebih lambat dibanding komponen dengan interaksi lemah. Perbedaan ini menyebabkan pemisahan komponen. HPLC merupakan  kromatografi kolom cair yang menggunakan tekanan tinggi sampai dengan 400 atmosfer sehingga bekerja lebih cepat. Semua pemisahan kromatografi, termasuk HPLC beroperasi di bawah prinsip dasar yang sama yaitu pemisahan sampel menjadi bagian-bagian penyusunnya dikarenakan perbedaan dalam afinitas relatif molekul yang berbeda untuk fase gerak dan fase diam yang digunakan dalam pemisahan.

Shimadzu LC-20AD menampilkan performa pengantar pelarut atau solven yang relatif lebih stabil dibandingkan tipe HPLC lain. Tipe ini memiliki mekanisme koreksi pulsasi atau getaran otomatis dan penggerak pendorong kecapatan tinggi yang memungkinkan pengantaran pelarut bebas getaran. Peningkatan dalam kontrol pengiriman pelarut dapat meningkatkan performa kisaran laju aliran mikro di bawah 50 ug/ml.

Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pada dosen dan laboran. Penggunaan alat juga diharapkan dapat menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat meningkatkan kinerja dan dinamika penelitian di Universitas Darussalam Gontor.

(Anugerah Suciati, S.Farm)

Referensi :

  1. https://polimer.bppt.go.id/id/alat-alat-pengujian-id/uv-vis-spectrophotometer
  2. https://polimer.bppt.go.id/id/layanan-jasa/fasilitas/hplc-id
  3. https://www.ssi.shimadzu.com/products/uv-vis-spectrophotometers/uv-1900i.html
  4. https://www.ssi.shimadzu.com/products/liquid-chromatography/lc-20ad.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *