“ The Role Of Herbal, Medicine, And Nutrition In Pandemic Era”

No Comments on “ The Role Of Herbal, Medicine, And Nutrition In Pandemic Era”


Kondisi pandemic Covid-19 belum pulih. Menjaga kesehatan tubuh sangat penting bagi kehidupan, terlebih dalam kondisi pandemi Covid – 19 seperti saat ini yang merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus SARS COVID – 19. Banyak cara yang dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh bagi manusia, salah satu cara yaitu dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal dan thoyyib. Kondisi pandemi mendorong berbagai multi disiplin ilmu untuk memberi edukasi pada masyarakat terkait upaya menjaga kesehatan, termasuk bidang ilmu farmasi dan gizi yang memiliki ranah keilmuwan untuk mencerdaskan terkait obat, bahan alam, dan pangan yang bermanfaat. Oleh karenanya program studi Farmasi dan Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Thailand (Permitha) bekerjasama untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam bentuk webinar dengan tema The Role of Medicine, Herbal, and Nutrition in Pandemic Era
Webinar diisi oleh 4 pembicara yaitu Al-Ustadzah apt.Satwika Budi Sawitri M.Farm dengan materi berjudul Drug Suplement as Prophylactic Therapy in Covid-19, menjelaskan suplemen obat yang bisa digunakan oleh  masyarakat sebagai pencegahan Covid 19, termasuk menjawab isu – isu overclaim obat tertentu sebagai pencegah covid di tengah masyarakat. Pembicara kedua, Al-Ustadz Apt. Amal Fadholah, S.Si., M.Si membahas topik Halal Thoyyib Herbal for Immunity dimana merupakan topik yang menarik mengingat masyarakat banyak menggunakan tambahan suplemen herbal untuk meningkatkan sistem imun di masa pandemi ini, sehingga memilih herbal yang halal dan thoyyib menjadi sangat penting untuk diketahui masyarakat. Pembicara ketiga, Al-Ustadzah Solikah Ana Estikomah, S.Si, M.Si menjelaskan tentang peran pangan/makanan dalam meningkatkan sistem imun tubuh, melalui tema Food Immune Booster Against Covid-19. Rentetan materi ditutup dengan ulasan terkait perkembangan terapi Covid 19 oleh Iksen, S.Farm., M.Si., Ph.D (Cand) sebagai perwakilan dari Permitha, Mahasiswa Indonesia yang sedang menjalani studi S3 di Thailand.
 
Webinar Pengabdian Masyarakat (Pengmas) ini tidak hanya dilaksanakan dalam platform Zoom Meeting secara online, tetapi juga secara offline dihadiri oleh mahasiswi farmasi UNIDA Gontor. Bentuk Pengmas yang berbeda seperti biasanya ini dapat memberi edukasi yang lebih luas pada masyarakat terkait upaya – upaya yang bisa dilakukan dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas di saat pandemi COVID-19.

(Nurul Fitriani dan Aegis Nindita Purnomo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *