Sabtu, 21 Shafar 1444 yang bertepatan dengan tanggal 17 September 2022, Mahasiswi Program Studi Farmasi Universitas Darussalam Gontor melaksanakan kegiatan Studi Akademik ke Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Studi akademik ini diikuti oleh mahasiswi tingkat akhir program studi farmasi yang berjumlah 54 mahasiswi. Mahasiswi dibagi menjadi beberapa kelompok sebelum melakukan praktikum di laboratorium teknologi sediaan steril UGM. Dalam kesempatan ini, mahasiswi juga diajak serta untuk berkeliling, melihat fasilitas-fasilitas yang ada di Laboratorium Farmasi UGM.

Kegiatan praktikum teknologi farmasi sediaan steril diawali dengan workshop pembelajaran bersama Dr. apt. Teuku Nanda Saifullah Sulaiman, S.Si., M.Si, kemudian dilajutkan  dengan praktek pembuatan sediaan steril. Sediaan steril yang dibuat yaitu injeksi protein dengan teknik aseptis dan injeksi furosemid dengan teknik sterilisasi akhir. Mahasiswi diberi kesempatan untuk secara langsung menggunakan peralatan dan fasilitas yang ada di laboratorium steril Fakultas Farmasi UGM. Selain untuk menambah pengalaman, kegiatan ini juga ditujukan agar mahasiswi memiliki sikap yang berani dan dapat bertanggungjawab dalam melakukan kegiatan praktik kefarmasian di luar lingkup kampus UNIDA Gontor. Sehingga, diharapkan dapat menambah wawasan keilmuan baik dalam bidang akademik maupun wawasan non-akademik berupa kemampuan berkomunikasi dan menjalin relasi.

Program Studi Farmasi UNIDA Gontor selalu mengajarkan mahasiswinya untuk terus belajar dan mencari wawasan baru yang lebih luas di luar ruangan kelas. Salah satu contohnya adalah kegiatan Studi Akademik ini dan Kuliah Lapangan yang dilakukan pada pekan sebelumnya di taman B2P2TOOT (lihat artikelnya disini) Hal semacam ini merupakan salah satu bentuk kesyukuran yang diajarkan di lingkungan Prodi Farmasi UNIDA Gontor, sesuai dengan ayat Al-Qur’an yang berbunyi:

وَاللّٰهُ اَخْرَجَكُمْ مِّنْۢ بُطُوْنِ اُمَّهٰتِكُمْ لَا تَعْلَمُوْنَ شَيْـًٔاۙ وَّجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالْاَبْصَارَ وَالْاَفْـِٕدَةَ ۙ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

“Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, dan Dia memberimu pendengaran, penglihatan, dan hati nurani agar kamu bersyukur.”

Q.S. AN NAHL: 78

Dilaksanakannya kegiatan  ini sebagai bentuk implementasi kerjasama yang ditandai dengan MoU antara UNIDA dan UGM, Selain mempererat tali silaturrahiim, kegiatan ini juga diharapkan dapat memperluas jaringan mahasiswi dan civitas akademika khususnya Program Studi Farmasi UNIDA Gontor dengan harapan dapat memenuhi beberapa materi praktikum yang belum dapat diadakan di laboratorium UNIDA Gontor. Kegiatan ditutup dengan perfotoan bersama di depan Gedung Kampus UGM.

Perfotoan dosen, staf dan mahasiswi Program Studi Farmasi UNIDA Gontor bersama tim dari UGM

Red ANP & IW

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *