Kemahasiswaan

PROFIL SINGKAT HIMPUNAN MAHASISWI FARMASI “ASH-SHAYDALAH”
FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR

(Brief Profile of Student Council (HMF “Ash-Shaydalah”) of Pharmacy Department
Health Science Faculty, University of Darussalam Gontor)

 

IMG_1986Himpunan Mahasiswi Farmasi (HMF) “Ash-Shaydalah” Prodi Farmasi Universitas Darussalam Gontor dikukuhkan sejak 18 November 2014 melalui acara pelantikan pengurus HMF yang pertama dengan ketuanya Anggun Mahirotun Nur Sholikhah. Pengukuhan organisasi dan pelantikan pengurus oleh Wakil Rektor III, Al-Ustadz Dr H Dihyatun Masqon, M.A. tersebut berlangsung di Aula Aisyah Pondok Modern Gontor Putri 1, Mantingan, Ngawi. Acara yang juga dihadiri oleh Wakil Pengasuh Pondok Modern Gontor Putri 1, Al-Ustadz K.H. Ahmad Suharto, M.Pd.I, Ketua Program Studi Farmasi FIK Unida Gontor, Surya Amal, S.Si, M.Kes, Apt., serta staf dan dosen dalam lingkungan Fakultas Ilmu Kesehatan menjadi momentum bersejarah bagi perjalanan awal Program Studi Farmasi Universitas Darussalam Gontor. Selain Program Studi Farmasi, Fakultas Ilmu Kesehatan Unida Gontor juga membina Prodi Ilmu Gizi dan Prodi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Berdasarkan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) Himpunan Mahasiswa Farrmasi (HMF) “Ash-Shaydalah” dimana organisasi ini mengemban amanah kelembagaan yang bertujuan :
1. Memfungsikan lembaga kemahasiswaan agar aspiratif, proaktif, dan tidak lepas dari unsur keislaman.
2. Mewujudkan mahasiswa yang kritis, kreatif, dan inovatif.
3. Meningkatkan kompetensi HMF “Ash-Shaydalah” FIK dalam membentuk manusia yang ber-IMTAQ dan ber-IPTEK.
4. Mengembangkan minat seni dan bakat mahasiswa farmasi FIK UNIDA Gontor.
5. Mewadahi dan berpartisipasi dalam kegiatan yang mendukung pengembangan tridarma Perguruan Tinggi di lingkungan mahasiswa program studi farmasi FIK UNIDA Gontor.

FARMASI UNIDA GONTORSejak berdirinya HMF “Ash-Shaydalah” berupaya merumuskan berbagai program kerja yang tetap selaras dengan sunnah-sunnah pondok modern Darussalam Gontor. Hal ini menjadi penting mengingat Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor adalah lembaga pendidikan tinggi yang berbasis pesantren dengan pembelajaran bersistem pondok moderen yang berasrama dua puluh empat jam. Dengan demikian Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor tidak mengenal dikotomi ilmu pengetahuan umum (sciences) dan ilmu pengetahuan agama. Hal ini menjadi dasar pendidikan dan aktivitas mahasiswa yang sesuai dengan nafas Pondok Modern Darussalam Gontor yang mengajarkan 100% ilmu agama dan 100% ilmu umum.

Beberapa bentuk kegiatan yang telah dilakukan antara lain bakti sosial dan penyuluhan, tutorial KMI, kunjungan industri, kampanye informasi obat, kajian kefarmasian, kunjungan ke institusi dan lembaga-lembaga pendidikan farmasi antara lain dalam International Academic Study Tour. Kegiatan tersebut juga sebagai bentuk dari fungsi HMF “Ash-Shaydalah” FIK Unida Gontor sebagai wahana pengembangan keilmuan serta pengabdian terhadap masyarakat. Dalam sebuah mahfudzot telah dijelaskan “ilmu yang tidak diamalkan bagaikan pohon yang tidak berbuah”. (hmf/admin)

 

GALERY KEGIATAN HMF “Ash-Shaydalah” 2014-2015

HMF Ash-shaydalah 2015

Bakti Sosial dan Penyuluhan Kesehatan

Kunjungan Industri ke PT Kimia Farma

Kunjungan Industri ke PT Kimia Farma

Tutorial KMI (mata pelajaran fisika)

Tutorial KMI (mata pelajaran fisika)

Kajian kefarmasian (diskusi)

Kajian kefarmasian (diskusi)

Academic Study Tour to Malaysia-Singapura, 2015

International Academic Study Tour to Malaysia-Singapura, 2015

Penyuluhan Informasi Obat

Kampanye Informasi Obat

*******************

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>