Profil

Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi yang berbasis pesantren, dimana menjadi pelopor dari perguruan tinggi pesantren yang tidak hanya mendidik dan mengajarkan ilmu agama saja, tetapi juga mendidik dan mengajarkan ilmu pengetahuan umum (science). Dalam hal ini Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor tidak mengenal dikotomi ilmu pengetahuan sebagaimana menjadi dasar pendidikan yang sesuai dengan nafas pondok modern Darussalam Gontor yang mengajarkan 100% ilmu agama dan 100% ilmu umum yang berjalan dengan pembelajaran bersistem pondok pesantren yang berasrama dua puluh empat jam.

Program Studi Farmasi merupakan program studi baru dan merupakan implementasi dari SK Dirjen Dikti no 163 / Dikti /Kep/2007 yang merupakan gabungan dari farmasi obat dan herbal, Penggabungan ilmu tersebut merupakan tuntutan pasar untuk menyediakan sumber daya manusia yang unggul, handal, kompeten dan terampil dalam memecahkan permasalahan yang komplek terkiat kefarmasian pada Era WTO (World Trade Organization) dan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial).

Berlandaskan visi, misi dan tujuan Program Studi Farmasi yang sesuai dengan visi, misi Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor, maka karakteristik dan keunggulan program studi FarmasiUniversitas Darussalam (UNIDA) Gontor adalah sebagai berikut:

  1. Mahasiswa mendapatkan pengetahuan di bidang Farmasi yang berlandaskan pelayanan kefarmasian (farmasi klinik dan komunitas) yang terkini dan terdepan.
  2. Mahasiswa mendapatkan pengetahuan agama Islam yang menjadi dasar dari pengembangan studi keilmuan kefarmasian yang terkini dan terdepan.
  3. Mahasiswa mendapatkan pendidikan dan pembelajaran dalam lingkungan perguruan tinggi pesantren (Islamic Boarding School) yang kondusif sehingga menjadi nilai tambah baik dari aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik.
  4. Mahasiswa di dorong untuk menghasilkan karya dan manfaat berbasis entrepreneurship.

Program Studi Farmasi diselenggarakan untuk menghasilkan lulusan (Sarjana Farmasi) dengan profil atau peran sebagai berikut.

  1. Sebagai pelaku di bidang farmasi.
  2. Sebagai pengusaha (initiator, adaptor, kooperator)
  3. Sebagai manajer (planner, designer, organizer, evaluator, mediator)
  4. Sebagai peneliti
  5. Sebagai pendidik
  6. Sebagai komunikator
  7. Sebagai entrepreneur.