Visi, Misi dan Tujuan

PROGRAM STUDI FARMASI
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR
__________________________________

Prodi ini mengkaji kombinasi antara ilmu kesehatan dan pure sciences (kimia, biologi, fisika dan matematika). Ruang lingkup farmasi adalah suatu ilmu dan seni membuat obat dari bahan alam maupun sintetik yang cocok dan nyaman untuk didistribusikan serta digunakan dalam pencegahan dan pengobatan penyakit. Profesi ini memiliki pengetahuan tentang identifikasi, seleksi, preservasi, kombinasi, aksi farmakologi, analisis dan standardisasi obat dan bahan obat, serta cara distribusi, penyimpanan dan penggunaan yang tepat dan aman.

Kehadiran Prodi Farmasi di UNIDA Gontor diharapkan menjadi wahana pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi farmasi yang memiliki fungsi dan peranan dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, yang mempunyai kapabilitas tinggi dalam bidang kefarmasian, dan mampu menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi bagi bangsa Indonesia, khususnya pada sektor kesehatan.

Visi UNIDA Gontor :

“Menjadi program studi farmasi yang bermutu dan unggul dalam Perguruan Tinggi pesantren yang berorientasi pada islamisasi ilmu pengetahuan dan teknologi kontemporer untuk kesejahteraan umat manusia”

Misi UNIDA Gontor :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran kefarmasian yang bermutu dalam sistem Perguruan Tinggi pesantren.
  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan kefarmasian berbasis penelitian yang berlandaskan nilai-nilai keislaman.
  3. Meningkatkan kualitas penelitian untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang kefarmasian serta bidang kesehatan yang dijiwai nilai-nilai keislaman.
  4. Menjalin kerjasama dan meningkatkan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan konsep dakwah islamiyah.

Tujuan UNIDA Gontor :

  1. Dihasilkan lulusan farmasi yang berakhlaqul karimah dan kompeten dalam bidang thibbunnabawi, pengembangan produk bahan alam, teknologi formulasi obat, penemuan produk bioteknologi, dan pengawasan mutu obat.
  2. Dihasilkan karya ilmiah dan produk bidang kefarmasian yang islami serta bermanfaat sebagai upaya preventif dan promotif bagi kesehatan masyarakat.
  3. Diselenggaranya pengabdian kepada masyarakat dalam bidang kefarmasian sebagai bentuk dakwah islamiyah.
  4. Diwujudkannya kerjasama dengan organisasi profesi, industri farmasi dan instansi pemerintah dibidang kesehatan dalam menjalankan tri dharma perguruan tinggi berdasarkan nilai-nilai keislaman.