Visi, Misi dan Keunggulan

PROGRAM STUDI FARMASI
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR
__________________________________

 

Prodi ini mengkaji kombinasi antara ilmu kesehatan dan pure sciences (kimia, biologi, fisika dan matematika). Ruang lingkup farmasi adalah suatu ilmu dan seni membuat obat dari bahan alam maupun sintetik yang cocok dan nyaman untuk didistribusikan serta digunakan dalam pencegahan dan pengobatan penyakit. Profesi ini memiliki pengetahuan tentang identifikasi, seleksi, preservasi, kombinasi, aksi farmakologi, analisis dan standardisasi obat dan bahan obat, serta cara distribusi, penyimpanan dan penggunaan yang tepat dan aman.

Kehadiran Prodi Farmasi di UNIDA Gontor diharapkan menjadi wahana pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi farmasi yang memiliki fungsi dan peranan dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, yang mempunyai kapabilitas tinggi dalam bidang kefarmasian, dan mampu menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi bagi bangsa Indonesia, khususnya pada sektor kesehatan.

Visi :

“Menjadi program studi unggulan yang menghasilkan lulusan yang profesional dibidang farmasi dengan mengintegrasikan  ilmu pengetahuan  islam, sains dan teknologi dalam bidang kefarmasian pada tahun 2030”.

Misi :

1.     Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas  dalam rangka menyiapkan lulusan yang profesional bidang farmasi dengan tetap berpedoman pada ilmu dan nilai-nilai keislaman.

2.     Berperan aktif mengembangkan penelitian IPTEK bidang farmasi berlandaskan ilmu dan nilai-nilai keislaman dan menerapkannya ke dalam pelayanan kesehatan yang berkelanjutan sesuai dengan perkembangan global.

3.     Berperan aktif melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat melalui pengembangan sains dan teknologi bidang farmasi berlandaskan ilmu dan nilai-nilai keislaman guna meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

4.     Membangun  kerjasama dengan pemangku kepentingan dan pengguna lulusan bidang Farmasi  pada tingkat Nasional dan Internasional berlandaskan ilmu dan nilai-nilai keislaman.

Tujuan :

1.     Menghasilkan lulusan yang menguasai konsep teoritis bidang farmasi  dan mampu mengaplikasikannya dalam menyelesaikan masalah pada sektor industri dengan tetap berpedoman pada ilmu dan nilai-nilai keislaman.

2.     Menghasilkan penelitian yang unggul dan bermanfaat yang berorientasi pada pengembangan sains dan teknologi bidang farmasi dengan tetap berpedoman pada ilmu dan nilai-nilai keislaman.

3.     Menghasilkan kegiatan pengabdian masyarakat yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat berorientasi pada pengembangan sains dan teknologi bidang farmasi dengan tetap berpedoman pada ilmu dan nilai-nilai keislaman.

4.     Memperluas  kerjasama dengan pemangku kepentingan dan pengguna lulusan bidang Farmasi  serta menyelenggarakan tata kelola program studi yang baik dalam rangka meningkatkan mutu Tri Dharma Perguruan Tinggi dan lulusan di tingkat Nasional dan Internasional dengan tetap berpedoman pada ilmu dan nilai-nilai keislaman.

Keunggulan Program Studi

Mahasiswa mendapatkan pengetahuan di bidang Farmasi yang berlandaskan pelayanan kefarmasian (farmasi klinik dan komunitas) dan pengembangan teknologi farmasi yang terkini dan terdepan. Mahasiswa juga mendapatkan pengetahuan agama Islam yang mendasari pengembangan studi ilmu pengetahuan dan teknologi kefarmasian yang komprehensif. Hal ini akan berjalan seiring karena mereka melewati proses pendidikan dalam lingkungan perguruan tinggi pesantren yang kondusif sehingga menjadi nilai tambah baik dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Lebih dari itu, mahasiswa juga didorong untuk menghasilkan karya dan manfaat berbasis entrepreneurship.

Mata Kuliah Unggulan
Al-Qur’an dan al-Hadits Farmasi, Islamic Pharmaceutical Renaissance, Analisis Obat dan Kosmetik, Clinical Pharmacy, Pharmaceutical Care, Farmakologi dan Toksikologi, Imunologi Farmasi, Farmakoekonomi.

Profil Lulusan
Pelaku di bidang farmasi pemerintahan dan swasta; pengusaha (initiator, adaptor, kooperator); manajer lembaga kesehatan; peneliti; pendidik; komunikator; entrepreneur.