An-Nadzafatu mina-l-imani, begitu pepatah islam mengatakan. Karena sesuatu yang bersih, tentulah indah, dan Allah SWT mencintai keindahan. Bukan hanya kebersihan pada sekitar, tapi juga kebersihan pada diri sendiri. Sejak kecil, orang tua kita sudah membiasakan kita untuk menjaga kebersihan. Ibu yang selalu mengingatkan agar kita terbiasa mandi 2 kali sehari, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, atau menggosok gigi sebelum tidur. Secara tidak langsung, hal-hal baik tersebut telah menjadi kebiasaan kita hingga dewasa. Tidak hanya itu, menjaga kebersihan perlu dilakukan mulai dari hal yang kecil seperti mencuci kaki selepas berpergian hingga hal yang besar seperti menjaga kesehatan reproduksi.

Kesehatan reproduksi adalah hal penting yang sering kali ditinggalkan dan dianggap remeh. Padahal, organ reproduksi merupakan salah satu organ tubuh yang sangat sensitif. Kesehatan organ reproduksi juga mempengaruhi bagaimana agar kita sebagai manusia mempertahankan keturunan, sehingga perlu bagi tiap dari kita untuk sadar betapa pentingnya menjaga kesehatan reproduksi. di era millenial ini yang memungkinkan seorang wanita untuk memiliki karir dan pendidikan yang tinggi, maka kewajiban menjadi seorang ibu teralihkan pada setumpuk pekerjaannya. Akibatnya, tak banyak anak yang mengerti tentang ilmu-ilmu yang hanya bisa diajarkan oleh sosok ibu, seperti bagaimana untuk tetap menjaga kebersihan pada masa menstruasi, apa yang harus dihindari saat masa-masa menstruasi, termasuk bagaimana menjaga kebersihan reproduksi wanita, yang merupakan mahkota bagi tiap wanita.

Namun, dengan canggihnya alat untuk mengakses berbagai macam informasi, dan adanya kesadaran bagi beberapa orang untuk membagi ilmunya meskipun dengan pembahasan yang begitu sensitif, kini penyuluhan tentang bagaimana menjaga kesehatan reproduksi tak lagi menjadi hal yang tabu untuk dibahas secara umum, melainkan hal yang dapat diperoleh dengan cepat dan mudah.

Melihat hal tersebut, Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1, 2, dan 3 mengadakan kegiatan penyuluhan tentang kesehatan reproduksi dengan mengundang narasumber yakni Nurul Marfu’ah, S.Si selaku dosen Farmasi di Universitas Darussalam Gontor dan Drg. Ruskiah Octavia, M.M selaku dokter. kegiatan itu dilaksanakan pada tanggal 2-4 September 2016 dan disambut dengan antusias oleh para santri sebab mereka akan mendapatkan  suatu ilmu yang mungkin tidak akan mereka dapatkan di dalam kelas. Kegiatan penyuluhan ini mengangkat tema “Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita” dan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya hidup sehat, meningkatkan pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi dan menjadi media sosialisasi Program Studi Farmasi di Universitas Darussalam Gontor. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan terhadap sesama manusia agar tumbuhnya rasa persaudaraan antara satu dengan yang lain.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *