Pondok Modern Darussalam Gontor merupakan suatu lembaga yang dengan berbagai macam sistemnya, kini masih terus saja eksis di dunia pendidikan. Sistem yang bisa dikatakan “berbeda” itu, menjadikannya unik dan masih bertahan hingga saat ini, bukan hanya di nasional, tetapi juga mampu membangun relasi di Internasional dengan alumni yang telah mendunia. Tujuan utamanya bukanlah menjadi sosok yang pintar, sehingga menjadikan para alumninya dapat menduduki kursi tertinggi di dunia pekerjaan. Tapi, Gontor melahirkan alumninya agar bisa menjadi “mundziru-l-qoum” kelak, yang sasaran utamanya adalah mengabdi pada masyarakat.

Bagi Gontor, orang yang sukses bukanlah orang yang menduduki jabatan tertinggi, namun orang yang tetap bisa survive dalam keadaan apapun, berusaha mendidik dan pengabdi kepada masyarakat di desa terpencil sekalipun. Dengan itu, mahasiswi Farmasi Universitas Darussalam untuk mewujudkan cita-cita Gontor tersebut, pada hari Ahad, 5 November 2016 diselenggarakanlah Bakti Sosial sebagai bentuk pelatihan pengabdian pada masyarakat. Adapun acara-acara yang diselenggarakan dalam bakti sosial tersebut beraneka ragam, dan keseluruhannya mengandung pendidikan. Seperti lomba-lomba, penyuluhan, dan kuis tentang Kesehatan, Sains, Ilmu Pengetahuan Sosial, Sirah Nabawiyah, dan Agama Islam.

Diselenggarakannya kegiatan bakti sosial tersebut dengan beberapa tujuan, antara lain: untuk membentuk pribadi mahasiswi yang tanggap dan sadar lingkungan; mengembangkan pengetahuan, pengalaman dalam membina masyarakat khususnya dalam bidang kesehatan; meningkatkan rasa solidaritas dan empati terhadap lingkungan masyarakat sekitar khususnya bagi mereka yang membutuhkan; serta menciptakan masyarakat sadar obat dan tanggap kesehatan.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *